Aksi Botay Agata yang Berkelas Dunia

Dilihat 364 kali

Botay Agata, namanya mungkin buat lo masih asing, tapi nggak buat mereka yang hobi BMX. Doi adalah salah satu jagoan BMX Indonesia bro, bahkan banyak yang nyebut kalo doi adalah rider BMX flatland paling berbakat di Indonesia. Apa aja sih prestasi doi?

Punya nama asli Januar Susanto dan lahir di ibukota Jakarta pada tahun 1990, Botay nggak cuma bisa berprestasi di tingkat lokal, tapi juga tingkat internasional. Salah satunya di tahun 2010 ia mampu bertengger di peringkat 20 dunia saat bertarung di Singapura. Keren abis kan bro prestasi doi?

Botay agata mulai eksis ngayuh sepeda BMX pada tahun 2008. Dimulai dengan cuma coba-coba dan sekedar kenal dan nongkrong bareng anak-anak BMX, doi mulai nekuinin BMX faltland dengan lebih serius dan hasilnya doi jadi rider pro BMX yang namanya udah cukup terdengar di dunia internasional.

Siapa sosok yang punya peran besar dalam karir Botay Agata? Siapa lagi kalo bukan seorang rider BMX senior yang jadi gurunya, Abi Manyu. Dari dialah Botay bisa tau banyak trik BMX. Botay ngerasa beruntung punya Abi Manyu yang nggak cuma jadi temen tapi juga sekaligus guru BMX.

Senasib dengan anak-anak lain yang mau nekunin BMX, awalnya Botay juga nggak diizinin ama ortunya. Selain bahaya dan berisiko, BMX selama ini masih dianggap remeh dan banyak yang ngira nggak bisa dijadiin kerjaan yang menghasilkan alias buang-buang waktu dan tenaga aja.

Tapi Botay Agata ngebuktiin kepada ortunya bahwa ia emang bersungguh-sungguh nekunin BMX dan hasilnya ia bisa dapet banyak prestasi dari dunia BMX. Nggak cuma prestasi, uang jajan pun ia bisa dapet berlebih dari dunia BMX.

Selain bisa ngeraih peringkat 20 dunia di Singapura, banyak lagi prestasi doi yang juga membanggakan nama Indonesia, seperti peringkat 8 Asia di tahun 2011 di Malaysia, peringkat empat Asia di 2012 di Malaysia, Juara 3 di Yogyakarta, Juara Kejurnas Wim Cycle di Jakarta.

Pengen punya prestasi seperti Botay? Latihan yang rajin dan jangan gampang nyerah ya bro!