Caving Gua Tlorong, Menakjubkan Sekaligus Penuh dengan Tantangan

Dilihat 807 kali

Seolah nggak ada habisnya, Karanganyar kembali menawarkan kedahsyatan alamnya yang menantang lewat sebuah spot caving menarik yang bernama Goa Tlorong. Bahkan dibanding dengan goa lainnya, Goa Tlorong disebut-sebut merupakan tempat ideal buat Lo yang gila petualangan.

Menurut situs resmi Kabupaten Karanganyar, goa ini berada tepat di desa Lempong Kecamatan Jenawi, dan merupakan salah satu goa alami yang hingga kini masih tetap terjaga keperawananya. Ukuran mulut guanya sendiri cukup ideal untuk kegiatan caving, yakni 2 meter x 1,5 meter.

Untuk mencapai lokasi Goa Tlorong, Lo bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan menggunakan angkudes dari Kota Karanganyar. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan trekking melewati hutan karet dengan medan yang cukup mengerikan.

Setelah itu, Lo pun akan diajak untuk melewati perkampungan. Berhati-hatilah bro, pasalnya jalan di perkampungan ini sedikit licin karena berlumut. Kalau nggak mau nyasar, Lo bisa meminta warga setempat untuk memandu, tentu saja dengan bayaran sejumlah uang.

Sesampainya di mulut goa, jangan lupa untuk menyiapkan senter dan masker. Pasalnya, Goa Tlorong termasuk sangat gelas dan dihuni oleh banyak kelelawar. Aroma alam inilah yang biasanya akan membuat beberapa penjelajah menyerah di tengah perjalanan.

Saat memasuki goa, Lo pun harus harus merunduk karena beberapa ruang di dalam goa ini cukup kecil, hanya setinggi 50 cm. Tapi setelah itu, beberapa bagian goa cukup luas kok, bahkan di dalamnya dan ada aliran air yang sangat jernih. Tapi hari-hati, lorong goa ini sangat lembab dan licin bro!

Menurut warga sekitar, dulunya Goa Tlorong merupakan persembunyian para tentara PKI yang berusaha merebut dan merubah ideologi pancasila dengan dieologi komunis.

Selain itu, warga sekitar pun menyebut jika dulu goa ini sempat akan dibangun persinggahan untuk presiden. Sayang, karena sesuatu hal, kabar pembangunan ini dibatalkan begitu saja. Tapi beruntung, batalnya proyek ini justru membuat goa Tlorong tetap alami hingga kini.

Gimana bro, tertarik untuk menjelajah keindahan goa Tlorong?