Caving Mania, Gua Kelelawar Jambi Punya Labirin Misterius Lho!

Dilihat 153 kali

Sebagian besar orang mungkin cuma tahu kalau Provinsi Jambi terkenal sebagai daerah perkebunan atau hutan sebagai rumah Orang Rimba. Ternyata, daerah yang terletak di tengah daratan Sumatra ini punya banyak destinasi yang masih perawan Bro.

Salah satu daerah yang kaya dengan destinasi wisata di Jambi adalah kabupaten Kerinci. Jelas aja Bro, daerah paling barat di Jambi ini tepat berada di bawah kaki gunung api tertinggi di Indonesia, yaitu Gunung Kerinci.

Traveler yang punya jiwa petualang, bisa merasakan sensasi yang nggak terlupakan yang ada di dasar sampai dengan pucuk Kerinci. Lo bisa nikmatin budaya masyarakatnya yang beragam, wisata danau, air terjun, gua, dan taman nasional.

Spot wisata disana yang lagi hits saat ini adalah Gua Kelelawar. Lokasinya ada di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Sitinjau Laut. Jalur ke Gua Kelelawar cukup gampang, karena akses jalan menuju ke lokasi terbilang baik. Jaraknya sekitar 15 kilometer atau 30 menit perjalanan dari pusat Kota Sungaipenuh.

Sebenarnya nama Gua Kelelawar bukan nama yang resmi. Berhubung di dalamnya banyak kelelawar, jadi masyarakat disana menyebut gua ini dengan sebutan Gua Kelelawar.

Buat lo yang penasaran dengan gua ini, lo harus masuk masuk pakai alat mendaki atau climbing karena bentuk guanya yang vertikal.

Di dalam lorong gua, lo bisa temuin tiga ruangan atau caving. Jarak antar ruang hanya sekitar 3-6 meter.

Yang bikin gua ini makin menantang adalah adanya jalur lubang yang membingungkan saat berada di dasar gua.  Saking sulitnya melewati jalur lobang ini, kebanyakan pengunjung cuma bisa bolak balik saja. Jalur ini mirip dengan labirin.

Percaya atau nggak, kesan mistis udah bisa lo rasain saat lo nyampe di bibir gua. Dinding gua ini terbentuk dari batuan besar, belum lagi ruangan gua yang gelap dan dingin bikin makin ngeri suasana.

Ada pantangan buat pengunjung yang datang kesana. Pengunjung dilarang buang air di dalam Gua Kelelawar. Kalau masih nekat buang air, pengunjung tersebut nggak bisa buang air lagi sebelum diobati oleh paranormal khusus. Ngeri!