Extreme Ironing, Olahraga Gila Menyetrika di Tebing Tinggi!

Dilihat 256 kali

Ada-ada saja memang kelakuan para penggila adrenaline. Apapun bakal dilakukan biar mereka merasakan sensasi adrenaline rush. Olahraga-olahraga ekstrem dijajal satu-satu, dari mulai  paralayang, waterfall rapping, mountain biking dan banyak lagi. Tapi ternyata ada aktifitas ekstrem yang terbilang nyeleneh, namanya ekstreme ironing.

Extreme Ironing ini adalah aktifitas menyetrika yang dilakukan di tempat-tempat yang berbahaya, seperti di bawah danau yang beku, di atas tebing yang curam, sambil bunggee jumping, sambil paralayang, bahkan di tengah-tengah perlombaan keirin dan motorway!

Awalnya sih  ekstreme ironing digagas sama seorang pekerja pabrik baju rajutan asal Inggris yang namanya Phil Shaw tahun 1997 lalu. Shaw baru aja  menyelesaikan shift kerja gila-gilaan di pabrik tempat dia kerja yang bikin dia capek banget, niatnya sih dia pengen manjat tebing pas udah pulang. tapi pas pulang ke rumah, ternyata pekerjaan rumah udah numpuk banget, banyak yang mesti dia beresin termasuk nyetrika baju-bajunya.

Akhirnya Shaw punya ide gila buat kombinasi antara panjat tebing sama nyetrika baju-bajunya. Nah dari situ dia mulai mempromosikan aktifitas ekstrem satu ini sambil keliling dunia ke Amerika Serikat, Fiji, New Zealand, Australia juga Afrika Selatan di tahun 1999. Waktu Shaw keliling dunia ke New Zealand dia ketemu sama turis asal Jerman yang tertarik sama ekstreme ironing. Dari situ olahraga ini mulai dikenal dan mereka mendirikan "Extreme Ironing International", juga “the German Extreme Ironing Section” atau disingkat GEIS.

Nah seiring semakin berkembangnya aktifitas ekstrem satu ini, para pesertanya makin mencari cara paling ekstrem buat memacu adrenalin mereka. Dari yang awalnya Phil Shaw menyetrika baju di atas tebing batu, sekarang jadi beragam banget seperti yang tadi disebutin. Contohnya bunggee jumping sambil ironing. Bunggee ironing ini sampai disebut-sebut “the ultimate in the thrill of extreme ironing” atau sensasi menyetrika ekstrem yang gila-gilaan.

Tapi ternyata di balik kepopuleran ekstreme ironing yang mulai meroket, banyak juga pihak yang masih memperdebatkan sebenarnya aktifitas satu ini bisa disebut olahraga atau tidak karena katanya gak terlalu jelas juga segi olahraganya dari mana. Yah terlepas kontroversi yang tercipta lo juga sah-sah aja kalau mau mencoba aktifitas yang satu ini.