Ini Yang Bisa Lo Makan Seandainya Lo Tersesat Di Hutan

Dilihat 44 kali

Tersesat di hutan? Wah jangan sampe deh. Tapi kalau itu bener-bener terjadi, maka sebagai petualang sejati, lo harus bisa survive bagaimana pun caranya.

Sebagai bagian dari pertahanan diri di alam liar, lo tetep harus perhatiaan soal asupan makanan. Kenapa? Karena lo nggak bakal tahu apakah medan dan jarak perjalanan yang lo bakal tempuh di depan.

So, lo mesti tahu nih tumbuhan apa aja sih yang bisa dimakan di hutan.

Cantigi

Via explore1ndonesia.blogspot.co.id

Ini pohon nggak banyak yang tau kalo ternyata aman buat dimakan . Bahkan para pendaki sekalipun. Pohon kerdil ini tumbuhnya di puncak gunung dan sering jadi pelindung para pendaki.  Bagian yang bisa dimakan adalah buah dan pucuk daunnya.

Murbei

Via khasiat.co.id

Mirip strawberri, buah ini udah diketahui kalo aman buat dimakan. Tempat tumbuhnya di daratan yang punya iklim sejuk/dingin.

Cecendet

Via intank3l4n4.blogspot.co.id

Tumbuhan ini banyak tumbuh di sawah/ladang atau lereng-lereng tebing yang terekspos sama sinar matahari yang cukup. Bagian yang bisa dimakan adalah bagian buahnya. Buahnya tertutup kulit seperti daun dan berbentuk bula sebesar kelereng. Bahkan ada yang bilang nih manfaat dari makan buah ini bisa buat ngobatin sakit perut, paru-paru basah dan lain-lain.

Stevia

Via healthyeating.sfgate.com

Rasanya manis seperti gula dan katanya bisa dipakai buat pengganti gula yang aman buat penderita diabetes. Di Indonesia, tanaman ini bisa ditemui di Jawa, Sumatera, NTT dan Sulawesi.

Jamur

Via merbabu.com

Jamur ini harus bisa dibedain lo, karena ada jamur yang beracun. Racunnya ada yang bisa mematikan. Jadi lo harus tahu jamur mana yang bisa dimakan.

Begonia

Tumbuhan ini banyak terdapat di hutan hujan tropis, seperti Gunung Gede Pangrango. Yang bisa dimakan adalah bagian batangnya yang sedikit berwarna merah. Rasanya asam.

PohPohan

Via flickr.com

Tumbuhan ini rasanya pahit, tapi kalo buat lalapan, wow rasanya! Tumbuhan yang pendek ini daunnya wangi dan biasa tumbuh di daerah lembah.

Bunga Kecombrang

Via belibibit.com

Tumbuhan ini ada di hutan dan pegunungan yang gak terlalu tinggi. Yang bisa dimakan adalah buah atau bunganya yang rasanya cukup segar tapi agak masam.

Semanggi

Via bobo.grid.id

Rumput clover ini termasuk kosmopolit atau gampang banget ditemuin di dataran, termasuk hutan-hutan di Indonesia. Yang bisa dimakan adalah bagian daunnya.

Buah Lo

Via alidesta.wordpress.com

Namanya mungkin asing tapi ini sebenarnya buah yang dihasilkan dari pohon elow. Tanamannya banyak di hutan. Buahnya bulat dengan warna kulit hijau sedikit mengkilap. Kalo dibelah, bagian dalamnya banyak biji-biji kecil seperti buah nangka.

Featured Image : wildernesstoday.com

Referensi Artikel : alidesta.wordpress.com