Jalur Caving Yang Menantang Di Indonesia

Dilihat 29 kali

Caving atau kegiatan penelusuran gua sudah lama dikenal di Indonesia. Di Indonesia ada sejumlah gua yang sangat menantang untuk lo jelajahi dan telusuri. Ada dua dari sekian banyak gua yang sangat menantang di Indonesia, terutama di pulau Jawa, yaitu Gua Jomblang dan Gua Petruk. Kedua jalur ini bisa jadi rekomendasi lo buat caving bro. 

Gua Jomblang

Gua Jomblang bisa dibilang satu-satunya gua yang menyuguhkan panorama cahaya surga. Keindahan Gua Jomblang memang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Gua yang berlokasi di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul ini merupakan gua vertikal dengan mulut gua yang menganga menghadap ke atas.

Via jalanpiyungan.blogspot.co.id

Terdapat beberapa jalur sebagai akses masuk gua. Setiap jalur memiliki ketinggian yang bervariasi mulai dari 40-80 meter. Lalu ada salah satu jalur yang kerap digunakan yakni jalur VIP. Lebih lanjutnya jalur VIP dibedakan menjadi 2 tipe yaitu jalur pendek dan panjang. Jalur pendek berjarak 15 meter yang berupa slope namun masih bisa ditapaki kaki. Jalur panjang berjarak 20 meter yang dapat dilalui menuruni lintasan tali. Kalau lo  caver profesional bisa memilih lintasan setinggi 90 meter. Namun, setibanya di dasar lo masih harus trekking sejauh 300 meter menyusuri lorong gua lembab dan gelap. Sangat menantang pastinya.

Gua Petruk

Nah, kalau jalur caving Gua Petruk menyuguhkan panorama yang bisa bikin lo melongo bro. Lo bisa lihat stalaktit, stalagmit, flowerstone yang memiliki nama sendiri-sendiri. Sebut saja seperti Batu Buaya, Batu Payudara, Batu Bapak Jenggot, Batu Maria, Batu Lumbung, dan batu berbentuk hidung panjang seperti hidung Petruk. Nama gua ini pun bisa jadi diambil dari batuan tersebut yang memang mirip salah satu tokoh punakawan Petruk.

Via wisatakebumenkab.blogspot.co.id

Gua Petruk sendiri berlokasi di Candirenggo, Kebumen. Bagian gua terbagi menjadi 3 tingkat dengan panjang kurang lebih 350 meter. Ornamen dalam gua dijamin akan membuat broo berdecak kagum. Petualangan pun makin seru dengan kegelapan, kelembaban, dan bau kotoran kelelawar yang mengiringi perjalanan.

Featured Image :

Referensi Artikel : superadventure.co.id