Mari Taklukkan Puncak Gunung Sibayak di Provinsi sumatera Utara

Dilihat 656 kali

Gunung Sibayak yang berlokasi di Sumatera Utara ini tergolong ramah untuk didaki oleh kamu yang pemula sekalipun karena memiliki jalur pendakian yang cukup mudah. Karena mudah inilah tidak cuma para petualang pria yang mendaki gunung ini, banyak juga kaum hawa yang mencoba menaklukkan puncak Sibayak.

Ada tiga jalur yang bisa kamu lalui untuk bisa mencapai puncak Sibayak. Yang pertama adalah jalur turis. Sesuai dengan namanya, jalur inilah jalur yang paling ramah dan mudah untuk dilalui oleh pemula. Berlokasi 10 km dari Brastagi, jalur ini tepat berada di desa Jaranguda. Waktu pendakian melalui jalur ini kurang lebih satu sampai dua jam.

Puncak Gunung Sibayak

Jalur selanjutnya memiliki tingkat kesulitan menengah. Berlokasi di desa Semangat Gunung, jika melalui jalur ini kamu bisa singgah sejenak di pemandian air panas Sidebuk dan bisa disusuri dalam waktu kurang lebih tiga sampai 4 jam perjalanan menuju puncak.

Jalur terakhir bisa dikatakan jalur yang paling sulit bernama jalur 54. Jalurnya dimulai dari daerah Bakaran Jagung (Penapatan). Jika kamu memilih jalur pendakian ini maka kamu akan melintasi kawasan hutan yang cukup rimbun dan karena itulah tidak sedikit pendaki yang tersesat di jalur 54.