Meluncur dengan Papan Sanboarding di Tanah Jogja

Dilihat 156 kali

Selama ini Yogyakarta dikenal dengan wisata budayanya yang sangat kental. Tapi tidak lagi, buat kalian anak muda atraktif yang selalu ingin menikmati hidup, ada wahana liburan menarik di Yogyakarta yang layak buat kalian jajal, dia adalah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Memang sih wilayah gumuk pasir ini nggak sebesar gurun pasir di Timur Tengah atau wilayah lainnya, tapi sudah cukup kok kalian jadikan sebagai arena sandboarding. Di sini kalian bisa bebas meluncur, melompat atau melakukan beberapa trik demi memenuhi hasrat berpetualang. Pasti seru Bro!

FYI, Gumuk Pasir Parangkusumo terbentuk dari endapan pasir yang bertemu dengan arus laut, ditambah dengan kuatnya arus Pantai Selatan yang turut mengacak pasir Merapi yang memanjang di selatan Yogya hingga wilayah barat Jawa Tengah.

Dengan sedikit bantuan angin, pasir yang sudah membentuk bentangan alam ini kemudian diolah lagi hingga akhirnya memiliki tekstur yang sangat lembut. Hal inilah yang membuat bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo, dipastikan aman tapi tetap menguji adrenalin.

Tetap butuh alat pengaman

Walaupun aman, bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo tetap butuh beberapa perlengkapan keamanan, termasuk kacamata renang untuk menahan pasir masuk ke dalam mata, helm dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko cedera selama permainan.

Setelah itu, baru kalian akan diperbolehkan untuk mengambil posisi siap meluncur. Nah, untuk pemula, biasanya kalian akan dipandu untuk meluncur dari ketinggian 5-7 menter. Jangan anggap remeh, ketinggian ini sudah cukup kok bikin dada kalian cenat-cenut.

Walaupun begitu, sensasi adrenalin yang diberikan permainan ini, dipastikan akan membuat kalian ketagihan. Bahkan bukan tidak mungkin kalian akan tergoda untuk mencoba meluncur kembali, tentu saja dengan jarak peluncuran yang lebih menantang lagi.

Kalau sudah menguasai ilmu menyeimbangkan badan, kalian bahkan bisa melakukan beberapa trik menarik layaknya surfing di lautan. Tapi ingat, kalian harus tetap berhati-hati, terutama dengan keseimbangan.

Bagaimana Bro, penasaran ingin menjajal olahraga ekstrim yang satu ini? Langsung saja datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo, lokasinya nggak jauh kok dari Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Biasanya, biaya sewa papan seluncurnya sekitar Rp 200 ribu per papan. Cukup murah bukan?