Menikmati Jungkir Balik di Palayangan

Dilihat 451 kali

Rafting Palayangan – Ke Bandung cuman melipir ke Factory Outlet ??? Kuliner ??? Itu mah biasa banget dan sudah basi hehehe. Mesti cobain sesuatu yang lebih menantang nyali dan berpacu jantung, merapatlah 45 km keselatan kota bandung maka akan sampai ke sebuah daerah dataran tinggi yang berhawa sejuk dengan keindahan alam yang aduhai. Yaaaaa daerah itu adalah “Pengalengan.”

Di pengalengan terdapat sebuah sungai diketinggian 1550 mdpl yaitu Sungai Palayangan, dimana aliran airnya berasal dari danau/situ Cileunca yang terlihat cantik di tengah kota pengalengan. Nah di sungai inilah kita bisa adu nyali menjajal keberanian dengan rafting sejauh 5 km atau sekitar 1,5 jam waktu tempuh, sungai ini mempunyai tingkat kesulitan grade III-IV. Disepanjang perjalanan akan disuguhin pemandangan hutan pinus yang asri teduh dan suara burung-burung berkicau.

Rafting Palayangan meskipun hanya 5 km tapi menawarkan jeram-jeram yang menantang, lebar sungai yg sempit dan debit air yg sangat deras menambah detak jantung makin terpompa. 3 km diawal bertabur dengan jeram-jeram yang Fantastis, Jungkir Balik dan BOOM, sedangkan 2 km terakhir disuguhkan aliran sungai yang tenang dengan pemandangan perkebunan teh malabar.

Baca JugaMerapi Trail

Rafting dimulai dari gorong2 depan situ cileunca dan langsung di sambut “Jeram Selamat Datang” yg membuat kita teriak ngeri, karena posisi jeram yg menikuk dan terhimpit batu besar. Setelah sukses lolos langsung dihadapkan “Jeram Penantian” bentuknya agak landai tapi posisi perahu terhimpit tebing sungai jadi kita mesti merapat ketengah perahu.

Yang paling seru ada di “Jeram Blunder” posisi deras air yg kencang ditambah posisi sungai yang langsung turun tajam sekitar 1 meter membuat kepala sukses nyungsep telungkup ke dalam perahu dan tersiram air sungai yang dingin. Itu juara banget mendebarkan, padahal kita sudah dikasih tau bakal melewati jeram ini tapi shock melihat jeramnya membuat kita terus berteriak.

Selain itu ada juga Jeram Penantian, Jeram Pinus dll, total ada sekitar 9 jeram yang kami lalui, untuk ukuran pemula atau yang baru coba-coba rafting, tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat. Rafting akan kita akhiri di hijau nya Perkebunan Teh Malabar yang sempat menjadi tempat syuting film remaja beberapa tahun lalu.

Sekedar saran saja untuk menginap di kawasan Pengalengan, banyak penginapan yang bisa kita sewa dengan pemadangan Situ Cileunca. Merasakan dingin udaranya malam pengalengan bersama para sahabat dan ditemanin segelas kopi dan rokok itu MANTAP.