Nge-Trip Seru Ke Gunung Talamau yang Punya 13 Telaga. Dijamin Seru!

Dilihat 377 kali

Nge-trip seru ke gunung bisa jadi pilihan liburan yang seru. Apalagi punya pemandangan alam yang keren yang susah banget ditolak untuk dikunjungi.

Nah, kalau lo lagi cari spot wisata gunung yang keren, lo bisa coba datang ke Gunung Talamau. Kalau lo berpikir gunung ini sama kayak gunung lainnya, lo salah besar Bro. Ini bukan gunung biasa.

Gunung Talamau adalah gunung paling tinggi di Sumatera Barat dengan ketinggian mencapai 2.920 mdpl dan masuk kategori sebagai gunug api yang aktif. Lokasinya terletak di Kabupaten Pasaman Barat.

Ngggak cuma pepohonan hijau dan udara seger yang bikin gunung ini unik. Ternyata Gunung Talamau punya 13 telaga yang terletak di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut. Ngalahin pesona gunung-gunung lainnya di Indonesia Bro!

13 telaga itu juga punya nama yang istimmewa Bro. Kok bisa? Usut punya usut, menurut legenda setempat 13 telaga ini punya kisahnya masing-masing. Nama lengkap ke-13 telaga itu adalah Biru, Buluah Parindu, Cindua Mato, Imbang Langik, Lumuik, Mandeh Rubiah, Puti Bungsu, Puti Sangka Bulan, Rajo Dewa, Satwa, Siuntuang Sudah, Tapian Puti Mambang Surau, dan Tapian Sutan Bagindo.

Lo juga makin dibikin terpesona oleh Gunung Talamau, pasalnya keindahan gunung ini nggak sebatas telaga dan air jernihnya aja. Ternyata, di gunung ini juga ada air terjun bernama Puti Lengo. Tingginya pun lumayan juga, nyampe 100 meter lho.

Akses menuju Gunung Talamau juga nggak sulit Bro. Lo bisa berangkat dari Kota Padang naik angkutan umum menuju Pasaman Barat. Waktu tempuhnya lumayan lama juga, sekitar 6 jam  perjalanan. Yang paling penting, ongkosnya murah meriah dan sangat terjangkau. Lo cukup bayar Rp. 50 ribu sekali jalan.

Begitu lo sampai di lokasi, lo bisa pilih dua titik pendakian. Titik pertama yang bisa dimulai dari desa Pinagar, sedangkan titik kedua bisa menggunakan pintu rimba yang dimulai dari Desa Malampah. Masing-masing waktu tempuh pendakian dari dua titik ini adalah 12 jam untuk sampai di pucuk Talamau.

Buat lo yang kecapean dan pengen berlama-lama disini, nggak perlu khawatir. Di kaki gunung sudah disediakan penginapan, atau lo juga bisa pilih sewa kamar di perumahan warga biar lebih murah.

Gimana, tertarik liburan ke Gunung Talamau? Kapan coba kesana?