Rafting, Pengen Coba Rasain Dekat dengan Kematian?

Dilihat 778 kali

Pernah coba Rafting? Kalo nggak, mungkin Lo pernah coba arung jeram? Sebenarnya dua hal ini, sama aja. Rafting adalah istilah Inggris buat sebut arung jeram. Dan, yang paling keren dan gokil dari Rafting yang mengarungi jeram itu, Bro!

Semua jalur rafting pasti ada jeram, atau tempat yang arus airnya gila-gilaan deras dan liarnya. Disini ini tantangan yang harus Lo coba taklukan. Disini ini juga yang buat rafting jadi kegiatan yang paling gila sekaligus berbahaya. Apa bahayanya?

Di jeram atau sebutan kerennya Whitewater, karena memang air disitu keliatan warnanya putih karena kenceng banget arusnya dan bergelombang,  perahu karet yang kalian pakai bisa saja terjebak. Ga bisa jalan, cuma muter-muter aja di daerah itu. Menyenangkan dan seru sih, tapi sekali-kali jangan sampai Lo melewati daerah macam ini tanpa persiapan. Persiapan disini bisa berupa pakaian yang pas buat arung jeram dan peralatan keamanan. Peralatan keamanan seperti pelampung, helm dan pengaman lain dibutuhkan, karena bisa jaga Lo dari bahaya terbentur batu saat Lo tercebur. Dan, kejadian kecebur ini udah biasa terjadi. Kalo Lo suka rafting, setidaknya sekali atau setiap main pasti mengalami kejadian ini.

Nah, kalau terceburnya di daerah tenang, enak banget tuh. Tapi, kalo pas didaerah Whitewater, ini yang butuh persiapan dan ketenangan. Kalo nggak, bakalan bahaya bahkan bisa meregang nyawa. Persiapan yang paling pas yaitu fisik harus prima. Dan, yang paling penting, kalian juga harus bisa berenang, Bro. Lucu aja (mungkin lebih tepatnya bahaya) kalo Lo cobain Rafting tapi nggak tahu cara berenang. Sama aja bunuh diri, Bro! Ingat ini kegiatan ekstrim. Senengnya maksimal tapi ada resiko kehilangan nyawa disini.

Yang enak juga soal Rafting ini, di Indonesia banyak tempat yang bisa dipakai. Banyak sungai-sungai dengan arus lumayan deras dan jeram yang banyak, dan cukup ekstrim yang bisa dicicipi. Sarannya, selain persiapan, kalo bisa, Bro juga harus didampingi orang yang berpengalaman alias pemandu. Mereka ini yang bisa mengarahkan kalian kapan saat belok, kapan harus mendayung, kapan harus angkat dayung dan rebahan, dan lain sebagainya. Dan banyak layanan yang bisa Bro sekalian pakai buat coba kegiatan ekstrim ini. Yang jelas, kalau Lo memang suka yang ekstrim-ekstrim, sekali dalam hidup kalian, kalian harus coba Rafting. Pasti nggak akan kecewa deh!