Saat Nyawa Jadi Taruhan, Olahraga Ekstreme Justru Jadi Pilihan!

Dilihat 169 kali

Beberapa tahun belakangan ini, penggemar olahraga ekstrem di tanah air tampak meningkat drastis. Setiap tahunnya ada banyak penggemar olahraga ekstrem yang mengunjungi pulau-pulau terpencil dan tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia untuk melakukan aktivitas-aktivitas ekstrem seperti skydiving, surfing maupun panjat tebing.

Indonesia sendiri memiliki banyak pulau dengan pemandangan alam yang luar biasa. Pulau-pulau tersebut pun merupakan pulau yang sangat cocok untuk bro jelajahi. Tentu saja dalam bentuk aksi tantangan yang mengerikan sekaligus memacu adrenalin lo. Para penggemar olahraga ekstrem di Indonesia memang terbilang beruntung karena di tanah air ini, mereka dapat dengan mudah menemukan lokasi-lokasi favorit untuk melakukan hobi mereka.

Untuk sebagian orang, olahraga ekstrem sendiri bisa menjadi candu. Bahkan tidak jarang mereka mengambil cuti untuk melakukan hobi gila tersebut. Lalu kenapa aktivitas berbahaya ini dilakukan oleh banyak orang? Dan mengapa beberapa orang yang menggemari olahraga ekstrem merasakan sensasi yang luar biasa dan ingin terus mengulanginya lagi?

Jawabanya adalah karena 'adrenaline rush'. Kondisi ini akan bro rasakan saat lo melakukan aktivitas atau olahraga yang membuat badan lo stress. Tentu saja cara termudah untuk mendapatkan sensasi ini adalah dengan melakukan hal-hal yang menantang bahaya.

Stimulasi yang terjadi dari kelenjar adrenal akan membuat tubuh lo mengeluarkan beberapa hormone seperti epinephrine dan adrenaline. Hormon-hormon tersebut mampu meningkatkan detak jantung sekaligus memaksa jantung supaya lebih cepat berkontraksi. Saat terjadi kondisi ini, aliran darah dalam tubuh yang menuju ke otot dan otak akan menjadi lebih lancar. Itulah adrenaline rush, sensasi ajaib yang membuat para penggemar olahraga ekstrem ingin terus melakukan hobi gilanya tersebut walaupun mereka sadar bahwa hal itu dapat membahayakan nyawa mereka.

Selain olahraga ekstrem, sensasi adrenaline rush sendiri sulit bro rasakan saat melakukan aktivitas lain. Sensasi yang mirip sebenarnya memang bisa bro rasakan saat melakukan hal-hal yang membuat bro gugup, seperti bermain musik di depan banyak orang. Tetapi, tantangan dan aksi yang berbeda membuat level adrenaline rush yang bro rasakan sulit menyamai sensasi saat melakukan olahraga ekstrem.