Skateboarding 101 For Dummies; A Safe Guide to Master Your Skate Board!

Dilihat 390 kali

Skateboard sekilas emang keliatan gampang banget dilakuinnya. Tapi coba dipraktekkin tanpa persiapan apa-apa. Pasti langsung tergopoh-gopoh berusaha menyeimbangkan tubuh deh! Dijamin! Nggak usah muluk dulu mau langsung mempelajari segala macam trik macam Tony Hawk! Doi udah professional! Tapi kalo elo emang niat pingiiin bisa jungkir balik di half pipe atau merasakan sensasi kebebasan saat berada di udara sesaat dengan papan kesayangan lo, lo wajib banget menyimak rincian ini nih!

Siapin Gear-nya!

Ini nggak boleh sampe lupa! Siapkan semua gear-nya karena yang namanya latihan skateboard itu nggak bisa lepas dari yang namanya benturan dan lecet. Jadi, lindungi dulu body lo sebisa mungkin. Helm, pelindung siku, dan knee decker itu nggak boleh absen! Jangan takut kelihatan culun! Mendingan culun beberapa saat tapi badan selamat ketimbang keliatan keren tapi dalemnya babak belur!

Dianjurkan juga untuk pake sepatu yang punya alas rata dan besar jadi bisa menginjak papan skate dengan nyaman. Bagusnya sih pake sneakers karena anti slip juga. Tapi aslinya sih sesuka hati. Selama elo nggak pake heels (siapa tahu situ kalah taruhan) atau sendal jepit.

Menjajal Keseimbangan

dynamic

Di sini berlaku banget yang namanya “bisa karena biasa”, bro. Coba menyeimbangkan badan dengan berdiri di atas papan skate. Ada dua sikap yang bisa dijajal; goofy (kaki kanan maju) dan regular (kaki kiri maju). Biasakan diri dengan bentuk dan ukuran, lalu coba meloncat-loncat kecil di atas papan. Jangan sekali-kali mencontoh apa yang dilakukan oleh teman kalo elo masih belum yakin sama tingkat kenyamanan lo! Minta pendapat boleh, tapi sesuaikan dengan kondisi lo sendiri. Jangan terima mentah-mentah.

Dorong, Belok dan Ngerem!

Udah khatam langkah kedua? Saatnya ke langkah ketiga! Skateboard digerakkan dengan dorongan dari kaki. Nah, turunkan sebelah kaki lo dari papan dan mulailah mendorong! Kalau udah yakin, tekuk lutut sedikit supaya keseimbangan makin mantap. Untuk beloknya, cukup condongkan badan ke arah yang ingin dituju saat mendorong. Untuk berhenti, jejakkan kaki ke tanah dan tahan.

Gampang kan?

Nggak.

Butuh kesabaran dan tekad untuk bisa menguasai trik-trik dasar ini. Besar kemungkinan di beberapa percobaan pertama, lo bakal lebih sering ngerem pake tembok ketimbang pake kaki. So, don’t you dare skipping on that safety gear, dudes!

Nah, selebihnya, tinggal browsing sendiri tutorial trik yang mau dijajal apa. Untuk sementara, balance dulu itu bada di papan! Baru nanti berkhayal jadi Tony Hawk!