Suka Snorkeling? Hati-hati Sama Hewan Ini Bro

Dilihat 233 kali

Snorkling udah jadi hal wajib saat lo pengen menikmati biota dasar laut tanpa harus ribet dengan segala macam perlengkapan layaknya menyelam. Cukup menyewa perahu nelayan lokal dengan tarif paling mahal 500 ribu rupiah (tergantung pulau nya), pelampung, serta kacamata snorkling, byuurrr.. lo bisa dengan mudah bermain dengan ikan ikan cantik. Untuk snorkling, kita ga perlu untuk ikut berbagai kelas dan mendapatkan ijin. Akan tetapi, kegiatan laut sekilas mengasyikkan dan mudah,awas juga loh bahaya yang ditimbulkan.

Snorkling tanpa melihat lingkungan sekitar sangatlah berbahaya, apalagi tanpa perhitungan sama sekali. Selain arus laut yang kuat bakal menyeret lo menjauh dari perahu, belum lagi gelombang laut yang ga bisa diprediksi. Lo harus waspada dan ikutin semua instruksi dari pemandu. Jangan karena hanya ingin melihat ikan lucu, lo malah keseret arus. Nah, hewan laut pun harus lo deteksi, bahaya atau engga.

Hewan yang harus lo waspadai yaitu bulu babi. Sekilas hewan ini mirip dengan bulatan bulatan kecil dengan warna yang tidak terlalu menyolok sehingga membuat kita lengah. Hitam, hijau, coklat, merah dan ungu biru merupakan warna yang mendominasi pada bulu babi. Duri dan racunnya bakal ngebuat lo infeksi dan gatal karena racun yang disebarkan disekitar area kulit.

Selain itu ikan batu harus juga diwaspadai. Hampir punya kesamaan dengan bulu babi, ikan batu punya duri beracun. Akibatnya fatal kalau tertusuk duri ikan ini. Karena itu, kalau lo terasa tertusuk ikan batu, lo bisa merendamnya dengan air hangat. Racun akan terpapar di dalam air.

hewan yang dianggap lucu karena badannya yang lebar. Jangan membayangkan hewan ini lucu di laut karena mereka punya alat khusus menyengat. Mereka ga akan menyerang lo tapi mereka sangat refleks ketika anggota tubuh terancam seperti terinjak atau tersenggol.

Ubur ubur juga ga mau kalah exisnya sebagai hewan berbahaya saat lo snorkling. Tubuh berupa payung akan membuat lo ga berhenti menggaruk. Sekilas bentuknya lucu dan memantulkan diri ke atas permukaan laut tapi lebih baik dijauhin deh ya. Bulu seribu dan ular laut jelas sangat berbahaya. Dengan racun menempel disekitar tubuhnya, hewan ini sudah memiliki pertahanan sendiri. Hindari menyentuhnya atau cepat-cepat naik ke atas perahu begitu lo ketemu sama ular laut. Bisa nya bisa menyebabkan kematian karena mengandung racun yang jadarnya lebih berat dari ular daratan. Jadi, ga ada salahnya untuk berhati-hati.