Tips Sukses Buat Lo yang Pengin Off Road di Lintasan Bersalju

Dilihat 343 kali

Buat lo yang gandrung sama kegiatan off road atau baru mau melakukannya, jangan sampai lupa buat menyiapkan diri dengan matang, ya. Mengingat bakal menghadapi area-area super ekstrem, lo harus tahu pula teknik dalam menguasai jip atau kendaraan off road, kecepatannya, keseimbangan, sampai kekuatan ban yang dipakai dalam kegiatan ini. Belum lagi karakteristik area off road yang berbeda-beda; mulai dari yang kering, berlumpur, hingga bersalju!

Yap, off road ternyata bisa lo jajal juga di lintasan bersalju, bro. Tentunya akan sangat menantang dan berbeda karena di Indonesia enggak ada wilayah yang dituruni salju. Tingkat kesulitan dari wilayah off road bersalju pastinya tidak akan serupa dengan yang gersang dan becek. Lo bakal menemukan area-area licin yang berpeluang membahayakan hidup kalau lo enggak memakai ban khusus. Belum lagi cuaca dingin yang mewajibkan lo buat mengenakan pakaian tebal.

Hal selanjutnya yang harus lo perhatikan adalah kecepatan kendaraan yang lo pakai buat off road. Entah itu mobil atau jip, laju kecepatan saat melakukan kegiatan ekstrem ini tidak sama seperti saat lo sedang berkendara di jalan raya biasa. Setidaknya, lo harus memastikan kecepatan kendaraan berada di angka 10 sampai 30 kilometer per jam. Kalau terlalu tinggi, lo bakal kesulitan buat mengendalikan kendaraan. Sementara kalau terlalu rendah, kendaraan tidak bisa stabil mengingat lintasan yang bervariasi.

Saat melakukan off road, lo juga akan menemukan atau mengalami kejadian seperti oversteer maupun understeer. Situasi ini terjadi saat kendaraan lo mengalami kehilangan kendali di bagian ban depan dan belakang. Kalau sampai terjadi, lo harus menggerakkan kemudi sesuai arah tergelincirnya ban. Maka lo juga baka dengan cepat menguasai kendaraan tersebut. Setelah itu, jangan lupa untuk memutar mobil atau jip ke jalur yang benar atau mungkin berlawanan arah.

Terakhir, pastikan lo mampu menjaga RPM kendaraan secara stabil. Sebab, ada beberapa pengendara yang tidak mampu mengusai gas secara stabil atau terlalu rendah saat melewati lintasan berbatu atau kala kendaraan mogok. Yang harus lakukan adalah memperhatikan bebatuan dan pastikan ban akan tergelincir atau tidak. Dalam kondisi tersebut, lo juga harus mengandalkan gigi satu supaya pengalaman off road tidak terhambat.

Semoga tip di atas bisa membantu lo saat ber-off road ria di lintasan bersalju nanti, ya, bro!