Bertemu Si Cantik dari Raja Ampat

Dilihat 139 kali

Perairan Raja Ampat merupakan rumah untuk berbagai macam biota laut yang langka, termasuk hiu karpet. Hewan ini memiliki bentuk yang sangat unik dan membuat penasaran para penyelam dari berbagai belahan dunia. Kekayaan laut di Raja Ampat yang ada di Papua Barat sudah tidak perlu diragukan lagi. Terdapat lebih dari seribu spesies binatang laut dapat dijumpai di kabupaten yang dijuluki sebagai sekeping surga yang turun ke bumi ini. Dari sekian banyak jenis ikan yang terdapat di perairannya, salah satu yang paling menarik perhatian banyak orang adalah hiu karpet.

Binatang yang satu ini hanya dapat dijumpai di wilayah Raja Ampat dan Papua Nugini. Di wilayah Raja Ampat, ikan tersebut biasanya dapat dijumpai di sekitar Waiwo. Berdasarkan informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, sesuai dengan namanya, hiu tersebut memiliki bentuk yang sangat mirip dengan karpet. Tidak sama dengan kebanyakan hiu pada umumnya, binatang ini memiliki bentuk yang lebih rata dan memiliki rumbai – rumbai pada bagian tubuh dan mulutnya. Jadi hiu ini memang benar-benar mirip seperti karpet.

Dengan ukuran tubuh sekitar 60 cm sampai 1 m, hiu ini memiliki tubuh berwarna kecokelatan dan memiliki rumbai yang terlihat berwarna putih gading. Dengan warna tubuh tersebut, hal ini tentu membuat sang ikan lebih mudah untuk berkamuflase. Agar dapat melihat hiu karpet, kalian harus menyelam lebih dulu Bro. Pasalnya hiu ini tinggal di dasar laut yang berada di kedalaman kurang lebih 20 m. Jadi saat mulai sampai di kedalaman sekitar 15 meter, cobalah untuk memperhatikan sekeliling karena siapa tahu hiu itu lewat.

Tidak dipungkiri bahwa menemukan hiu karpet tergolong hal yang sulit. Ikan yang dapat disebut sebagai penunggu dasar laut perairan Raja Ampat ini memiliki kemampuan kamuflase yang sangat baik. Sangat disarankan untuk menyelam bersama guide yang udah berpengalaman dalam menemukan keberadaan si hiu karpet. Kalau Lo bisa sampai bertemu si hiu, tentu ini akan menjadi pengalaman diving yang tidak terlupakan. Supaya tidak mengganggu mereka, cukup perhatikan pergerakan ikan tersebut dari jarak yang aman. Jika membawa kamera underwater, jangan lupa mengabadikan ikan unik tersebut di kamera Lo.