Blue Fire Ini Cuma Ada Di Islandia dan Indonesia, Lo Harus Kesini Bro

Dilihat 72 kali

Si jago merah adalah istilah untuk menyebut api. Kenapa disebutnya si jago merah, karena pada umumnya api memang berwarna merah kan? Tapi ternyata nggak selamanya api selalu berwarna merah bro, di Kawah Ijen kobaran apinya berwarna biru dan keluar dari kawahnya. Fenomena keajaiban alam yang spesial tentunya di dunia, karena hanya ada dua yaitu di Islandia dan di Indonesia.

Via wisatagunungbromo.com

Kawah berapi biru ini menjadi daya tarik para petualang domestik maupun internasional. Gunung Ijen atau yang lebih dikenal dengan nama Kawah Ijen adalah salah satu gunung vulkanik yang masih aktif sampai detik ini. Kawasan ini terletak di tiga kabupaten yaitu Bondowoso, Banyuwangi, dan Situbondo dengan ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Gunung ini telah meletus sebanyak empat kali pada tahun 1796, 1817, 1913, dan 1936.

Sekilas Gunung - Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah pusat danau kawah terbesar di dunia yang mampu memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar. Kawah yang sangat berbahaya ini mempunyai keindahan yang sangat luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska. Danau Ijen memiliki derajat keasaman nol dengan kedalaman 200 meter. Tingkat keasamannya sangat kuat sehingga dapat melarutkan pakaian dan jari manusia.

Via junantoherdiawan.com

Waktu Yang Tepat Mengunjungi Ijen

Musim kemarau antara bulan Juli hingga September adalah waktu yang tepat untuk berpetualang di Kawah Ijen, sementara kalau musim hujan sangat berbahaya karena jalurnya akan sangat licin. Untuk menyaksikan panorama indah tersebut, sebaiknya mulai mendaki pada pukul 05.00 atau 06.00 karena pada pagi hari matahari belum bersinar begitu terik, terlebih lagi pada pagi hari panoramanya jauh lebih indah karena banyak kabut tebal menyelimuti gunung. Api biru itu hanya dapat disaksikan dinihari sekitar pukul 01.00-02.00 sebelum matahari terbit. Warna api tersebut berasal dari sangat tingginya suhu di kawah tersebut

Via survival491m.blogspot.co.id

Akses Menuju Kawah Ijen

Bro, untuk menuju kesini lo harus ke Banyuwangi. Lokasi ini bisa lo capai dengan menggunakan kendaraan umum dari Banyuwangi menuju Jambu. Lalu dari Jambu, lo bisa melanjutkan perjalanan menuju Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen yang letaknya di Paltuding dengan menggunakan ojek dan dilanjutkan dengan jalan kaki. 

Sayang banget kalau lo belum pernah kesini, fenomena unik dan langka di dunia ini layak buat jadi destinasi petualangan lo berikutnya. Selamat mencoba, bro!

Sumber Gambar : rizkirahmatia.wordpress.com

Referensi Artikel : survival491m.blogspot.co.id