Green Bank, Kota Sempurna Buat Lo yang Ingin Menepi dari Peradaban!

Dilihat 100 kali

Hampir semua manusia saat ini tergantung dengan gadget dan internet. Setiap hari menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk browsing internet atau bermain media sosial.

Pernah nggak lo berpikir untuk tinggal di kota yang sama sekali nggak punya akses ke dunia digital?

Believe it or not, kota kayak gitu beneran ada lho di dunia! Di Amerika Serikat, terdapat kota yang unik. Disana nggak ada sinyal telepon selular, siaran TV dan siaran radio, sampai jaringan Wi-Fi pun nggak ada. Kota unik ini bernama Green Bank.

Buat lo yang sudah bosan dengan ramenya media sosial dan dunia digital, kayaknya kota ini jadi destinasi yang tepat buat lo kunjungi. Saat lo memasuki kota ini, suara radio di mobil perlahan-lahan hilang, digantikan dengan White Noise tanda kehilangan transmisi. Nggak cuma itu aja, sinyal telepon selular yang lo bawa perlahan akan lenyap seketika.

Tapi apa ya penyebabnya kota ini nggak nyediain sinyal ponsel, radio, dan TV?

Green Bank bukan kota biasa lho Bro. Kota ini masuk ke lokasi National Radio Quiet Zone America, wilayah ini secara hukum emang melarang penggunaan transmisi radio. Soalnya di kota ini ada dua rangkaian teleskop raksasa milik National Astronomy Observatory (NRAO) dan milik Nasional Security Agency (NSA).

Dua teleskop raksasa ini memiliki dua fungsi yang berbeda. Teleskop milik NRAO berfungsi memantau pergerakan bintang, sedangkan teleskop milik NSA berfungsi untuk keperluan intelijen.

Ternyata kedua teleskop ini sangat sensitif Bro. Sinyal elektronik yang berasal dari microwave saja bisa bikin kedua teleskop ini terganggu. Bahkan, jika ada warga nekat menyalakan sinyal Wi-Fi, pemerintah bisa mendeteksi dan segera mengirim petugas buat mematikan perangkatnya.

Kota Green Bank kesannya memang tertutup banget Bro, tapi kalo lo pikirin lagi ada asyiknya juga lho tinggal di kota kayak gini. Nilai positifnya, interaksi antar warganya jadi lebih dekat dan akrab. Nggak kayak sekarang, kesannya sibuk sendiri dengan gadget masing-masing. Bener nggak?