Ingin Mendaki Gunung Bersalju? Baca Tips ini Dulu Bro

Dilihat 143 kali

Indonesia kaya akan pegunungan dengan karakteristik hutan hujan dan tropis, sangat pantas kalau akhirnya banyak pendaki di Indonesia yang kurang bisa beradaptasi dengan kultur gunung bersalju.

Tapi ingat, itu bukan alasan Lo nggak pernah ngerasain nginjek gunung bersalju. Sebagai petualang sejati, harusnya Lo tertantang dong untuk keluar dari zona nyaman pegunungan tropis, dan mencoba untuk menjajal sensasi baru mendaki puncak bersalju.

Nah, sebelum berkemas, mendingan kita simak dulu yuk tip penting buat kalian yang ingin keluar dari zona nyaman dan mendaki untuk meruntuhkan angkuhnya puncak gunung berlaju.

Persiapan fisik

Jalur pendakian yang curam bukan satu-satunya tantangan yang bisa menciutkan nyali, ada tantangan lainnya yang harus kalian taklukan sebelum menggapai puncak gunung bersalju, dia adalah suhu dingin yang bisa dengan mudah menguras tenaga, dan keterbatasan oksigen di tengah kepungan cuaca dingin.

Makanya, sebelum berangkat, sebaiknya persiapkan fisik kalian dengan meningkatkan tenaga dan kapasitas paru-paru kalian. Latihan yang direkomendasikan adalah, lari, berenang dan bersepeda gunung.

Menu makan

Makanan memainkan peranan yang sangat vital ketika mendaki ke puncak gunung bersalju. Sebelum berangkat, pastikan Lo mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, terutama makanan kaya protein, zat besi, kalsium dan nutrisi penting lainnya.

Selama perjalanan, kalian disarankan membawa bekal makanan penghangat dan peningkat stamina tubuh, seperti gingseng, temu lawak, jahe, pala dan rempah-rempah lainnya.

Riset jalur pendakian

Jika ini pendakian kalian yang pertama, pastikan sudah melakukan riset jalur pendakian dengan sangat lengkap, termasuk spot-spot penting untuk berisitrahat, jumlah oksigen yang tersedia, dan cari tahu jalur evakuasi pendakian terdekat.

Riset pendakian sendiri bisa kalian lakukan dengan cara, mengumpulkan informasi yang lengkap di dunia maya, dan tentu saja belajar dari pengalaman orang yang sebelumnya sudah menaklukan gunung tersebut.

Operator pendakian

Selain riset, kalian sangat disarankan untuk menggunakan operator pendakian. Memang biaya yang harus dikeluarkan cukup tinggi, tapi setidaknya operator pendakian akan memberikan jaminan kalian bisa pulang dengan selamat, dan tubuh yang masih utuh.

Selain itu, persiapkan juga perlengkapan pribadi yang disarankan, seperti kostum pendakian, safety gear, perlengkapan pendakian dan lainnya. Dengan persiapan yang matang, pendakian menakjubkan pun akan jadi milik kalian. Ayo bro, Lo pasti bisa!