Kalo Lo Seru, Bisa Ga Berpetulalang di Kilimanjaro Pake Sepeda?

Dilihat 152 kali

Pada bulan Februari kemarin, mountain bikers Patrick Sweeney bersama dengan Rebecca Rusch berangkat memulai perjalanan mereka untuk menaklukkan puncak Gunung Kilimanjaro dengan sepeda. Kilimanjaro merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia yang menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung ke sana. Mendaki gunung dengan berjalan kaki tentu sudah menjadi sesuatu yang biasa dan umum dilakukan oleh para wisatawan. Namun bagaimana jika kegiatan tersebut dilakukan sepeda? Tentu ini akan menjadi kegiatan yang sangat menantang bukan? Hal inilah yang dilakukan oleh Sweeney dan Rusch.

Kedua mountain bikers ini memerlukan waktu setidaknya enam hari untuk melakukan perjalanan naik turun gunung di gunung tertinggi di Afrika itu. Gunung tersebut memang sangat tinggi karena memiliki ketinggian 19.341 kaki atau 5895 meter. Menariknya, Rusch dan Sweeney justru memilih rute yang menantang. Hal ini mereka lakukan dalam rangka untuk mengumpulkan dana bagi World Cycling Relief. Itu adalah sebuah organisasi non profit yang bertujuan untuk memberikan sepeda bagi orang-orang tidak mampu yang tinggal di negara berkembang. Dari kegiatan mountain bike tersebut, Rusch dan Sweeney setidaknya telah berhasil mengumpulkan sekitar 20 ribu dolar. Dengan uang tersebut, organisasi ini dapat membeli sekitar 131 sepeda baru.

Saat ini, setelah berselang selama beberapa bulan dari waktu Rusch bersepeda menaklukkan Gunung Kilimanjaro, ia diwawancarai mengenai pengalamannya. Ia mengatakan bahwa ekspedisi mountain bike yang ia lakukan itu telah terorganisir dengan baik. Namun sebagai seorang mountain biker yang sudah berpengalaman dan sudah banyak menaklukkan banyak tempat, Rusch mengaku bahwa dirinya dan Sweeney merasa sangat tertantang melakukan kegiatan tersebut. Bahkan Rusch mengatakan bahwa petualangannya di Kilimanjaro ini adalah yang paling sulit yang pernah ia lakukan.

Selain itu ia juga membagikan tentang apa saja teknik yang digunakan saat mengayuh sepeda melewati jalur pendakian Kilimanjaro yang tidak mudah itu serta gigi yang digunakan. Perjalanan yang sulit tidak hanya dialami saat mendaki tetapi juga saat menuruni gunung. Oleh sebab itu sepanjang perjalanan mountain biking di Kilimanjaro menjadi sesuatu yang menantang dan memerlukan perjuangan keras.