Kampanye Peduli Air, Wanita Ini Nekad Maraton Lintasi 7 Gurun

Dilihat 436 kali

Ada banyak cara yang bisa bro lakukan untuk meningkatkan kepedulian orang-orang diseluruh dunia terhadap masalah krisis air yang saat ini terjadi di beberapa wilayah di dunia. Bro pun bisa melakukan berbagai hal yang menarik perhatian orang, baik melalui tulisan atau tindakan-tindakan lainnya. Namun apa yang dilakukan oleh Mina Guli terbilang cukup nekat. Seorang pengusaha asal Australia yang juga merupakan aktivis lingkungan ini melakukan kampanye peduli air dengan berlari melintasi tujuh gurun pasir. Aksi bertajuk 7 Deserts Run ini pun dilakukan selama 7 minggu.

Mina Guli melakukan aksi tersebut pada tanggal 1 Februari lalu dan diakhiri pada 22 Maret. Selama aksi tersebut, Guli pun telah menempuh jarak sekitar 1689 kilometer.

Menurut Guli sendiri, tantangan terbesar yang dihadapinya saat melakukan aksi marathon ini adalah menyesuaikan diri dengan suhu udara di wilayah-wilayah yang harus dia lalui. Salah satu wilayah yang menurutnya paling berat adalah kutub selatan. Ini karena di kutub tersebut, kondisi alamnya terbilang brutal. Bahkan suhunya bisa berada di bawah 20 derajat Celcius. Di tambah lagi dia harus berlari di atas tumpukan salju yang tentunya membuat aksi marathon yang dilakukannya semakin terasa berat.

Setelah melewati kutub selatan, dia dan timnya pun harus segera melanjutkan perjalanan ke Alice Springs dengan menggunakan pesawat terbang. Suhu Alice Springs yang mencapai 47 derajat tidak terlalu membantu karena tubuhnya harus segera menyesuaikan diri dengan suhu tersebut.

Sementara itu Mina Guli juga mengungkapkan bahwa ada beberapa lokasi yang terasa begitu berkesan baginya. Salah satunya adalah Simpson di Australia Tengah. Wilayah ini dipilih karena merupakan ikon Australia. Mina Guli pun mengatakan bahwa saat kita membayangkan Australia, maka yang terbayang adalah gundukan tanah merah uluru dan gurun pasirnya.

Saat melintasi pedalaman Australia, Mina Guli mengakui bahwa dia telah mempelajari banyak hal. Salah satunya adalah mengenai saluran air bawah tanah alami yang terdapat di wilayah tersebut. Saluran air ini pun dapat memberikan air pada ribuan warga di sana. Dia juga menyadari bahwa semua warga memang sangat menghormati air. Ini Karena mereka memang menyadari bahwa air merupakan hal yang sangat sulit untuk didapatkan.