Kombinasi Laut, Pantai, Sejarah Khas Teluk Jakarta

Dilihat 73 kali

Pulau Onrust? Iya Pulau Onrust. Mungkin asing ya telinga kita? Biasanya sih sebagai warga DKI Jakarta pasti mainnya nggak jauh-jauh dari mal. Sebagian besar warga DKI Jakarta juga mengandalkan mal sebagai pelepas penat mereka , mungkin juga lo adalah salah satunya?!

Sayang banget sebenernya kalo kita cuma tau Jakarta cuma punya mal-mal sebagai tempat wisata atau sekedar pelepas penat. Padahal Jakarta punya segudang tempat wisata yang menarik dan punya cerita seru, salah satunya yaitu Pulau Onrust yang letaknya ada di Teluk Jakarta, dan masuk ke dalam Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Oh iya, jangan salah, Kepulauan Seribu itu masih masuk dalam kawasan Provinsi DKI Jakarta.

Via indonesia-heritage.net

Jadi pulau yang memiliki luas 7,5 hektar itu adalah pulau heritage, yaitu pulau yang memiliki unsur dan makna sejarah panjang selama ratusan tahun lamanya sejak jaman kolonialisme Belanda. Nama Onrust sendiri diambil dari Bahasa Belanda yang artinya “Tidak pernah beristirahat” (Unrest kalo Bahasa Inggris-nya). Pulau Onrust beserta tiga pulau lain di sekitarnya yang saling berdekatan yaitu Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Bidadari adalah wisata bahari dan heritage yang wajib lo kunjungi sebagai warga DKI Jakarta. Selain bisa kasih nuansa berbeda, wisata ini bisa jadi short escape buat lo yang jenuh akan hiruk pikuk perkotaan.

Via adikristanto.net

Kenapa bisa dibilang short escape? Ya karena lokasinya yang masih berada di area Ibu Kota, jarak tempuh singkat, kocek yang dirogoh nggak terlalu banyak, pemandangan dan sensasinya pun pasti terkenang terus. Tahun 1972 Gubernur DKI Jakarta; Bapak Ali Sadikin mengeluarkan Surat Keputusan yang menetapkan bahwa Pulau Onrust adalah pulau bersejarah yang memiliki nilai historis tinggi. Dan sekarang, keempat pulau tersebut terutama Pulau Onrust juga sudah ditetapkan sebagai daerah Suaka Taman Purbakala Kepulauan Seribu.

Nilai Historis

Dulu zaman kolonialisme Belanda sekitar abad ke 16-18 yaitu VOC, peran Teluk Jakarta itu sangat vital untuk melindungi Kota Batavia. Tahun 1615 Belanda membangun dermaga dan galangan kapal untuk memperbaiki kapal-kapal yang rusak. Pulau Onrust juga dikenal dengan nama Pulau Kapal, karena di pulau ini banyak banget kapal-kapal yang transit sebelum benar-benar berlabuh di Batavia sekaligus sebagai tempat untuk periksa kondisi kapal. Kemudian di tahun 1658 Pulau Onrust dijadiin pos pertahanan paling depan untuk menghalau serangan-serangan musuh dari sektor barat yang ingin menuju Batavia.

Via istithoriqi.com

Antara tahun 1800-1810 Pulau Onrust pernah diluluhlantahkan armada Inggris, tapi Belanda membangun kembali. Tahun 1911 peranan Pulau Onrust mulai bergeser menjadi tempat karantina haji. Kemudian Pulau Onrust juga pernah dijadiin tempat penjara bagi penjahat kriminal kelas berat ketika zaman penjajahan jepang. Di Pulau Onrust juga terdapat sebuah makam yang konon katanya adalah makam dari pemimpin pemberontakan masa Orde Lama; DI/TII yaitu S. M Kartosoewirjo.

Wajib Kunjung Buat Para Petualang

Buat lo yang suka sejarah sekaligus ingin ngerasain berpetualang, nggak ada salahnya cobain berkunjung ke Pulau Onrust. Aksesnya gampang kok, kita bisa nyewa kapal getek dari pelabuhan Muara Kamal (Penjaringan, Jakarta Utara) dengan waktu tempuh sekitar 20-25 menit dan merogoh kocek -+Rp 150.000. Kapal getek biasanya berangkat pagi antara jam 08.00-09.00, tergantung penuhnya penumpang. Intinya semakin cepat penuhnya, semakin cepat juga berangkatnya. Dengan biaya sebesar itu kita bisa ke dua pulau lainnya selain Pulau Onrust, yaitu Pulau Kelor dan Pulau Cipir yang juga termasuk dalam gugusan pulau heritage Teluk Jakarta, dan sudah termasuk makan siang. Biasanya paket-paket ini ada banyak di internet, tinggal klik dan informasinya pun bertebaran dimana-mana.

Sesampainya di Pulau Onrust lo disambut oleh pemandangan reruntuhan bangunan benteng. Banyak bekas bangunan di pulau ini, contohnya kincir angin, ruang bawah tanah, komplek makam Belanda, dermaga, pondasi meriam, reruntuhan karantina haji, dll. Pulau Onrust ini masuk ke dalam wisata Kota Tua Jakarta (Museum Fatahillah, Museum Bahari) karena Pulau Onrust juga memiliki peran penting pada masanya.

Via travel.kompas.com

Tunggu apa lagi? Langsung ambil ransel lo, packingatur jadwal keberangkatan, dan jangan lupa hubungin temen-temen lo yang doyan berpetualang. Wisata ini dijamin unik dan meninggalkan banyak kesan, kenapa? Karena ini masih ada di wilayah DKI Jakarta, dan belum terlalu banyak orang yang tau. Apa lagi di bayangan orang-orang kan namanya Kota Jakarta pasti nggak jauh dari gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan kemacetan lalu lintas. Tapi ternyata, masih ada tempat berpetualang dengan nuansa laut pantai berupa pulau bersejarah di Ibu Kota ini.

Karena nggak terlalu ribet, itinerary singkatnya kurang lebih begini; untuk ke Pulau Onrust naik kapal getek dari Muara Kamal di Penjaringan, Jakarta Utara. Datang antara pukul 08.00-09.00. Biaya yang dikeluarkan kurang lebih sekitar Rp 150.000 (PP) sudah termasuk makan siang dan sudah termasuk ke Pulau Kelor dan Pulau Cipir juga. Sekitar jam 15.00 kita udah harus kembali ke Muara Kamal, karena semakin sore ombaknya semakin tinggi. Oh iya, jangan lupa bawa topi atau payung, karena panas matahari menyengat kulit banget, kalo perlu pake sunblock juga buat yang takut gosong. Gampang kan?! Tenang aja, dijamin bakal jadi one day trip berkesan buat lo bro!

Featured Image : indahnyaperjalanan.com

Referensi Artikel : abnonseribu.com