Mau Lihat Lumba-Lumba Sampai Paus dari Dekat? Datang Aja Ke Tempat Ini Bro!

Dilihat 1094 kali

Wisata bahari jadi spot wisata paling favorit di Indonesia. Nggak aneh, soalnya sebagian besar wilayah Indonesia sebanyak dua per tiganya adalah lautan.

Bukan cuma pemandangan lautnya aja yang bisa bikin lo takjub, lo juga bisa lihat langsung mamalia laut kayak hiu paus, lumba-lumba, sampai dengan dugong di habitatnya.

Teluk Kiluan, Lampung

Lokasi ini ada di ujung Pulau Sumatera. Letaknya ada di Teluk Kiluan dan berjarak  sekitar 80 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Boleh dibilang, Teluk Kiluan ini adalah spot paling deket lihat lumba-lumba dari Jakarta. Makanya, jangan heran kalau pengunjung yang datang kebanyakan datang dari ibu kota.

Pantai Lovina, Bali

Pantai yang ada di Buleleng, Bali, ini adalah lokasi paling terkenal buat lihat lumba-lumba. Waktu paling pas buat lihat lumba-lumba di Bali adalah diluar high season, yaitu sekitar Mei – Juli. Jangan heran, selama lo berlayar menggunakan perahu lo bakalan ditemenin kawanan lumba-lumba di sekitar kapal.

Pantai Botubarani, Gorontalo

Disini adalah spot untuk melihat hiu paus dari jarak paling dekat. Meskipun sempat menghilang dari pantai selama 2016 lalu, tapi mamalia laut ini sudah kembali dan bisa lo lihat lagi.

Paling seru adalah lo bisa berenang dan memegang langsung hiu paus ini. Keren kan?

Teluk Cenderawasih, Papua

Spot yang satu ini juga nawarin sensasi lihat hiu paus. Bukan cuma itu, lo bisa ikutan paket live on board. Yaitu paket untuk menginap di atas kapal dan menyelam bersama hiu paus ini.

Pantai Mali, Alor, NTT

Hampir sulit menemukan dugong di habitat aslinya. Tapi, di Pantai Mali lo bisa lihat secara langsung mamalia yang langka ini.

Sungai Mahakam, Kutai Kartanegara

Bukan lumba-lumba atau hiu paus yang bisa lo lihat disini, tapi pesut mahakam. Hewan ini termasuk mamalia air tawar yang sangat langka.

Pesut mahakam sering juga disebut sebagai lumba-lumba berhidung pesek. Pasalnya, pesut mahakam punya ukuran dan bentuk yang sama tapi memiliki permukaan hidung yang lebih datar.