Musim Hujan Sebenernya Bukan Hambatan Untuk Naik Gunung Sih, Asalkan...

Dilihat 131 kali

Lo pernah ngerasain nggak sih ingin naik gunung tapi lagi musim hujan? Wah itu paling nggak enak kan bro rasanya?! Sebagai seorang manusia yang udah kecanduan naik gunung terkadang susah banget untuk menahan kaki yang kayanya gatel banget pengen nanjak, nggak peduli cuaca lagi bagus atau nggak. Yang bikin repot adalah ketika lo lagi sakau ingin naik gunung, tapi cuaca lagi kurang bersahabat alias musim hujan

Nah, cuaca yang seperti itu bikin lo bimbang banget kan pastinya? Terus apa yang harus lo prioritaskan? Keinginan atau kesalamatan? Tenang bro, lo masih tetap bisa mendaki gunung di saat musim hujan kok asalkan lo tahu tips aman mendaki gunung ketika musim hujan.

Persiapan yang benar-benar matang

Kita semua tahu kalau mendaki gunung adalah perjalanan yang mengandung resiko, terlebih lagi ketika musim hujan. Persiapan yang  benar-benar matang adalah kunci utamanya. Perlengkapan, mental, dan fisik semuanya harus dipersiapkan dengan sangat baik. Minimal satu  minggu sebelum pendakian lo harus menjaga kesehatan seperti rutin minum vitamin biar daya tahan tubuh lo meningkat.

Disamping itu, perlengkapan pendakian lo nggak kalah penting, intinya lo harus siap tempur di medan yang besar kemungkinannya basah karena hujan. Cover carrier dan alas tenda lo jangan sampai bocor, apalagi kalau sampe ketinggalan, wah amit-amit bro. 

Jas hujan atau ponco adalah senjata ampuh untuk melindungi badan lo dari basah kuyup menggigil. Selain itu jas hujan atau ponco bisa menjadi tenda bivak untuk lo berteduh. Kanebo atau spon juga berguna untuk menyerap air dari barang-barang lo yang masih ada kemungkinan basah. Oh iya, ketika musim hujan, sepatu yang lo pakai pun harus lah yang anti slip dan disarankan pakailah sepatu yang kedap air. 

Musim Hujan

Sumber Foto : bukanpepatah.com

Bijak Memilih Gunung Yang Dituju

Meskipun lo udah 'senior' di dunia pendakian, tapi jangan pernah maksain kehendak ya bro. Ketika musim hujan, resiko yang lo hadapi bakal dua kali lipat sulitnya dibanding musim kemarau. Trek yang dua kali lebih terjal dari biasanya dan badai hujan siap menghantam lo kapan aja. Pilih trek yang tidak terlalu terjal, kurang lebih panjang treknya pun nggak lebih dari 15 KM. 

Jangan ragu-ragu untuk balik turun kalau keadaan cuaca nggak memungkinkan untuk muncak, lo nggak bakal dianggap cupu kok, justru lo bijaksana kalo lo ngelakuin hal ini. Puncak gunung biasanya tujuan utama buat para pendak, tapi puncak bukan segalanya kan? Inget safety first bro, pendaki hebat adalah pendaki yang mampu mengalahkan egonya sendiri alias jangan segan untuk berlaku bijaksana di saat pendakian dalam situasi yang kurang bersahabat.

Yang paling terakhir sebenarnya sederhana namun sarat makna, sebagai orang yang beragama tentu alangkah lebih baiknya lo berdoa dulu sebelum melangkahkan kaki menuju gunung yang bakal dituju. 

Sumber Gambar : instagram.com/vndrlesnussa

Referensi Artikel : pendakigunung.top