Nggak Bisa Asal, Ini Jenis Sepatu Gunung Sesuai dengan Fungsinya

Dilihat 424 kali

Membeli sepatu yang akan bro gunakan untuk naik gunung jelas gak bisa disamakan dengan membeli sepatu untuk aktivitas sehari-hari. Butuh sedikit pengetahuan untuk memilih sepatu yang sesuai dengan kebutuhan lo. Ini karena setiap jenis sepatu gunung memang memiliki fungsi masing-masing sehingga lebih cocok jika digunakan dalam medan-medan tertentu saja.

Jadi pastikan lo membaca ulasan berikut sebelum membeli sepatu gunung baru.

Sendal Hiking

Sendal Hiking merupakan sandal yang sangat cocok untuk lo yang menyukai pendakian dengan trekking yang santai. Selain itu, sendal hiking juga bisa digunakan sebagai sepatu cadangan saat bro berada di dalam area perkemahan.

Bobot yang dimiliki sendal hiking terbilang cukup ringan sehingga bro yang memakai sandal ini saat mendaki gunung tidak akan mudah merasa lelah.

Hiking Shoes

Sepatu jenis ini merupakan sepatu yang sangat cocok digunakan saat lo mendaki gunung yang memiliki jalur pendakian yang landai dengan medan yang tidak terlalu berat. Ini karena kerangka modelnya memang didesain secara khusus untuk memberikan rasa nyaman pada kaki bro saat lo mendaki di jalur pegunungan yang tidak terlalu terjal.

Kerangka sepatu yang dimiliki Hiking Shoes sendiri tidak begitu tinggi, namun sepatu ini masih dapat melindungi pergelangan kaki lo. Hiking Shoes biasanya dibuat dari bahan-bahan seperti kulit, nilon dan suede.

Trail Running Shoes

Bro sebaiknya membeli Trail Running Shoes jika lo menyukai aktivitas pendakian di gunung yang tidak terlalu tinggi dengan jalur trekking yang terbilang cukup pedek.

Sol sepatu pada Trail Running Shoes dibuat dengan lebih kuat dan keras. Dengan demikian, sepatu jenis ini dapat melindungi kaki lo dari kondisi medan dan cuaca yang buruk. Untuk bro yang jarang melakukan pendakian, bro juga bisa menggunakan Trail Running Shoes untuk menemani aktivitas sehari-hari lo.

Mid-Weight Boot

Nah kalau sepatu jenis ini merupakan sepatu yang bisa andalkan di medan-medan yang cukup berat. Konstruksi sol dan modelnya memang terbilang keras dan tinggi sehingga lo mungkin akan merasa kurang nyaman saat menggunakan sepatu ini.

Meski demikian, Mid-Weight Boot sebaiknya digunakan saat lo melakukan pendakian gunung yang memakan waktu selama berhari-hari.