Nggak Cuma Telor Asin, Brebes Punya Si Hijau Agrowisata Kaligua

Dilihat 178 kali

Brebes dan telor asin kayaknya sudah jadi satu paket ya bro, tapi ternyata di kota yang terletak di Jawa Tengah tersebut gak cuma ada telor asin loh, ada satu spot wisata namanya agrowisata kaligua  yang seru banget buat didatengin bareng teman dan keluarga di akhir pekan ini.

Agrowisata Kaligua yang letaknya ada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian selatan ini benar-benar spot wisata yang all in one bro. Lo mau nyari tempat buat meeting ada, mau outbond juga bisa, wisata edukasi ada, bahkan  kemping juga bisa.

Awalnya agrowisata kaligua ini adalah perkebunan teh yang dikelola sama pemerintahan jaman kolonial Belanda dulu. Kebun ini diserahkan pengelolaannya pada perusahaan Belanda John Fan & Pletnu yang mewakili NV Culture Onderneming. Kepala perusahannya sendiri adalah  warga asli Belanda yang namanya Van De Jong. Bahkan akhirnya Van De Jong juga dimakamkan di lokasi perkebunan teh kaligua. Sekarang Agrowisata Kaligua ini dikelola sama PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah.  

Pabrik pengolahan teh juga dibangun di sana pada tahun 1889 buat memproses hasil perkebunan teh di sana jadi teh hitam. Hasil dari perkebunan teh ini diolah menjadi teh celup juga teh serbuk dengan cita rasa yang nikmat. Teh - teh tersebut dijual dengan merk dagang yang sama dengan nama tempatnya yaitu Kaligua. Wisatawan yang datang ke sana bisa membeli teh hitam produk asli sana buat oleh - oleh dan dibawa pulang.

Agrowisata Kaligua ini berada pada ketinggian 1.200 - 2.050 meter dari permukaan laut sehingga menyebabkan  kondisi udara yang dingin, bahkan saking dinginnya, pas musim hujan suhunya berkisar dari 8 sampai 22 °C, bahkan bisa mencapai 4 sampai 12 °C pada musim kemarau. Kebayang dingin ya bro. Karena udara dinginnya juga wilayah perkebunan teh ini hampir setiap saat diselimuti kabut tebal.

Nah selain perkebunan teh dan agrowisatnya, di sekitar situ juga ada objek wisata lain yang bisa dikunjungi seperti curug-curug, Tuk Benih, Gua Jepang, juga  Gua Angin.