Nimanga, Sungai di Minahasa yang Penuh dengan Batu-batuan Misterius

Dilihat 144 kali

Sungai yang terletak di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara ini memang sudah lama dikenal sebagai lokasi wisata arung jeram. Kalau lo pengen nyobain sensasi arung jeram yang sebenarnya, boleh nyoba di Sungai Nimanga.

Arus Sungai Nimanga tergolong deras dan berkelok-kelok. Yang bikin ngeri dan memacu adrenalin lo, sungai ini dipenuhi batu-batu yang cukup besar. Nggak heran kebanyakan atlet arung jeram atau yang sudah terlatih olahraga ekstrem ini datang ke Sungai Nimanga menjajal derasnya arus sungai ini. Ya meskipun masih ada sih spot yang masih aman buat yang masih berstatus newbie.

Sekilas kalau lo main kesana, nggak ada yang berbeda dengan sungai lainnya di Indonesia. Air sungainya jernih dengan pemandangan alam di kanan kiri yang masih sangat alami. Tapi, saat lo lihat di pinggiran sungai, lo bisa lihat banyak banget tumpukan batu misterius.

Tumpukan batu yang ada di pinggir Sungai Nimanga terbilang tersusun unik dan misterius. Nggak jarang hal ini bikin turis yang datang kesana mengernyitkan dahi mereka. Kalian bisa lihat tumpukan batu yang agak lonjong ditumpuk vertikal, posisinya batu yang agak besar ada di bawah dan batu yang lebih kecil ada di atasnya.

Kalau kalian lihat, batu-batu itu nggak mungkin bisa ditumpuk rapi. Landasaan batu-batu yang di bawah aja kebanyakan nggak rata dan “berdiri” di titik mustahil. Yang bikin aneh, batu-batu ini berdiri sempurna dan dalam waktu cukup lama, padahal posisi, lokasi, dan komposisi yang berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Masyarakat disana percaya jika susunan batu-batu itu membantu supaya air sungai nggak meluap dan membanjiri daerah sekitarnya.

Nggak ada yang tahu sejak kapan ada susunan batu seperti itu di pinggir Sungai Nimanga dan siapa yang membuatnya. Apa perlu ilmu dan kesaktian khusus untuk melakukannya? Misteri yang bisa bikin kalian makin penasaran datang kesana.

Pernah ada beberapa orang yang nyoba bikin susunan batu yang serupa. Ternyata, nggak terlalu susah buat bikin tumpukan seperti itu. Kesimpulannya, nggak perlu kesaktian khusus untuk membuat tumpukan batu seperti yang ada di pinggiran Sungai Nimanga.

Tapi akan lebih menarik kalau misteri tetap dibiarkan menjadi misteri Sungai Nimanga!