Touring Keliling Indonesia? Awali Ke Sini Bro!

Dilihat 548 kali

Hobi jalan jauh naek motor bro? Kalo iya dan emang ada waktu kenapa nggak touring aja keliling Indonesia bro? Negara kita punya banyak pesona alam yang bakalan jadi petualangan super seru kalo lo susuri dengan motor kesayangan lo.

Mulai dari mana? Gimana kalo lo mulai touringnya dengan nyusurin pulau Sumatera. Buat lo yang tinggal di Jakarta, awali perjalanan touring lo dari kota Jakarta ke Pelabuhan Merak buat nyeberang ke Pelabuhan Bakeuheuni, Lampung.

Apa yang bisa temuin di Lampung? Selain banyak banget perkebunan, lo bisa mampir ke beberapa destinasi keren yang akhir-akhir ini makin terkenal seperti Teluk Kiluan. Di sana lo bisa ngeliat indahnya alam bawah laut yang katanya nggak kalah ama alam bawah laut yang lain di Indonesia.

Puas nyusurin Lampung, lo bisa lanjut perjalanan lo ke Sumatera Barat. Di sana selain bisa ngicipin kuliner rendang di tempat asalnya, lo juga bisa ngeliat banyak pesona alam, seperti Ngarai Sianok dan Lembah Harau. Kalo lo pas pada waktunya lo juga bisa ngeliat Pacu Jawi yang seru abis bro.

Belum kenal Pacu Jawi bro? Mirip-mirip ama karapan sapi yang ada di Madura itu lho bro tapi bedanya lokasinya di area sawah yang baru aja di panen. Menurut mereka yang udah nyaksiin, Pacu Jawi lebih seru dari karapan sapi tapi buat lebih jelasnya mending lo saksiin aja sendiri deh bro.

Pacu Jawi ini terkenal banget lho bro di luar, khususnya di kalangan mereka yang hobi fotografi. Banyak banget hasil jepretan fotografer yang ngabadiin pacu jawi dapet penghargaan di luar bro. Lo yang juga hobi fotografi wajib ngabadiin juga lah bro.

Setelah dari Sumatera Barat, terserah lo mau kemana pake motor lo bro. Bisa ke Jambi, bisa ke Riau atau mungkin mo ngicipin pempek di Palembang, Sumatera Selatan? Terserah lo bro, tinggal sesuaiin sama waktu dan dana yang lo punya.

Satu hal yang harus lo perhatikan sebelum melakukan touring adalah pastiin fisik dan motor lo dalam keadaan sehat wal afiat. Selain itu, jangan nunda-nunda ngisi bensin pas ngelintasin pom bensin karena sepertinya pom bensin di Sumatera nggak sebanyak pom bensin di Jawa.

Selamat mengawali touring keliling Indonesia di Sumatera bro!