Keseruan Merayapi Dinding Kilo Tiga

Dilihat 2922 kali

Buat kalian yang ngiri sama petualangan para peserta Super Journey, nih dikasih sedikit gambaran. Para peserta Super Journey sudah pasti sangat gokil dong, tetapi mereka terlihat kalah gokil sama dinding Kilo Tiga. Kalian tahu ga dinding Kilo Tiga?

Dinding Kilo Tiga merupakan bebatuan keras jenis andersit yang terdapat di Desa Kilo Tiga Amurang. Berada dekat Manado sana. Nah udah ketahuan kan, bebatuan dan gokil pasti ada hubungannya sama kegiatan ekstrem outdoor. Kalian tahu apakah itu? Ya, betul sekali! Panjat batu. Tapi ini bukan panjat batu yah, melainkan panjat tebing.

Dinding Kilo Tiga ini memang sudah sangat terkenal di kalangan para pendaki tebing profesional, dan bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Batu ini memiliki tinggi sekitar 90 meter. Cukup tinggi bukan? Kalian wajib takjub dengan tinggi batu ini, tetapi kalian juga harus kagum dengan bentuknya. Para peserta Super Journey saja sudah terkagum-kagum dari bentuk gokilnya batu ini dari jauh. Lalu ketika mereka melihatnya, mereka langsung menahan napas. Mengapa? Indah sekali bebatuan ini.

Meskipun indah, bebatuan ini punya kegokilan tersendiri, yaitu bentuk dan tingkat kesulitannya. Sepertinya memang batu ini dirancang Tuhan untuk dikagumi oleh para amatir dan bukan pendaki, dan ditaklukan bagi para pendaki profesional. Kerasnya batu dan bentuknya menjadi tantangan yang gokil dan keindahan tersendiri. Berbicara tentang tantangan, para peserta Super Journey mendapatkan sebuah tantangan untuk menaklukan batu besar ini.

Mereka ga memanjat sendirian kok. Mereka ditemani teman-teman pecinta alam dari INEX (INdonesia EXpedition). Tim INEX memberikan instruksi dan demo memanjat tebing. Lalu mereka membimbing para peserta untuk melakukan panjatan dindingnya.

Peserta memanjat dengan cara bergantian. Metode yang digunakan adalah metode yang biasa digunakan bagi para pendaki level awal, yaitu metode top rope. Patokan manjatnya baru 9 meter dan masing-2masing peserta diberi kesempatan 1-3 kali memanjat. Batu yang gokil ini pun menunjukkan tajinya dengan membuat para peserta untuk memanjat tidak melebihi patoknya. Sampai akhirnya malam tiba, para peserta hanya bisa memanjat pada ketinggian maksimal 9 meter. Woooo! Gokil sekali kan Dinding Kilo Tiga Ini?

Kalo lo mau lihat bentuk aslinya, lo bisa lihat di video di atas ini. Jika lo pemanjat gokil, lo pasti akan sangat ingin menaklukannya. Tetapi hati-hati, bro, karena Dinding Kilo Tiga ekstrim banget.

Video: copyright Marischka Prudence