Penyelaman Ke Dasar Laut Bunaken

Dilihat 3404 kali

Menghirup udara segar dengan sepoi angin pantai ditemani es kelapa muda merupakan sebuah suasana yang merileks-kan jiwa dan raga, serta mampu membawakan suatu ketenangan batin yang sangat langka ditemukan di tengah hiruk pikuk suasana kota.

Dari beberapa sumber Pulau Bunaken barasal dari kata punaken yang memiliki arti tempat pemberhentian atau pelabuhan kapal di tepi pantai. Pulau ini masuk ke dalam Taman Nasional Bunaken Segitiga Terumbu Karang dengan 390 spesies terumbu karang dan 90 spesies ikan. Makanya, nggak salah kalau Bunaken menjadi spot incaran bagi para wisatawan baik itu nusantara maupun mancanegara, khususnya mereka para penggiat diving.

Lo juga suka menyelam? Udah pernah jelajahi bawah laut Bunaken? Nah, kalau pengen tahu seperti apa keindahan biota lautnya langsung saja saksikan video di atas ini. Video tersebut merupakan cuplikan perjalanan para pemenang Super Journey yang telah menyambangi surga alam bawah laut Bunaken, tepatnya pada tanggal 4 – 8 Mei 2016 kemarin.

Taman Laut Bunaken sendiri terletak di Pulau Sulawesi yang menjadi bagian dari Kota Manado atau ibu kota Provinsi Sulawesi Utara Indonesia. Secara keseluruhan Taman Nasional Bunaken memiliki luas sekitar 75.26 hektar dengan lima pulau yang berada di dalamnya, seperti Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage. Menariknya, Pulau Bunaken sendiri  menawarkan penyelaman spektakuler sampai pada kedalaman 100 meter.

Saya dan Rahung pun menemani para pemenang Super Journey untuk diving. Sayangnya, dari 8 orang peserta, satu diantaranya tidak bisa ikut kegiatan menyelam karena kondisinya kesehatannya sedang terganggu. Namun, hal tersebut tidak mengurangi keseruan penyelaman saat itu.

Dengan membawa gemblokan tabung gas kami menyusuri dasar laut Bunaken selama 40 menit. Keindahan biota lautnya memang tidak seindah Bunaken yang sesungguhnya. Karena, sebagian para peserta Super Journey adalah anak gunung dan belum pernah menyelam, maka dipilih spot yang paling aman untuk level pemula. Tapi, lo pun tetap bisa melihat beberapa terumbu karang cantik berwarna-warni dan gerombolan ikan hias yang sedang berenang dengan genit serta ikut meramaikan penyelaman.

Kegiatan ini merupakan pertama kali yang dilakukan oleh Super Journey, untuk merasakan serunya scuba diving, terutama di surga bawah laut Bunaken yang sudah terdengar keindahannya hingga ketelinga mancanegara.

Tepat pukul 17.30 penyelaman alam bawah laut Bunaken diakhiri dan semua peserta Super Journey kembali ke penginapan sembari menyaksikan pesona matahari tenggelam.

Video: copyright Marischka Prudence