Pesan Tuhan Lewat Kelimutu

Dilihat 609 kali

Kalau berkunjung ke nusa tenggara timur, yang akan terlintas difikiran kita mungkin adalah danau kelimutu. danau yang keindahannya pernah di abadikan dalam uang kertas 5000-an tahun 90-an ini memang menjadi tempat yang memiliki keunikan tersendiri dengan tiga warnanya yang melegenda.

Namun, jangan salah. kelimutu juga memiliki satu lagi destinasi wisata yang sangat patut untuk dikunjungi. dan tempat tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah taman nasional kelimutu.

Sejak tanggal 10 Oktober 1997, melalui keputusan mentri kehutanan, Taman nasional kelimutu secara resmi ditetapkan mejadi salah satu taman nasional di Indonesia. taman nasional yang hanya memiliki luas sekitar 5356 ha ini, terbilang yang paling kecil luasnya dibanding taman nasional lainnya di kawasan nusa tenggara dan bali. namun,

Keindaahan yang ada di kawasan taman nasional kelimutu tidak kalah dengan taman-taman nasional lainnya. iklimnya yang tropis serta memiliki kekayaan flora, fauna juga landscapenya yang begitu memukau menjanjikan suatu kenangan tak terlupakan yang mampu memberikan ketenangan jiwa serta memberikan inspirasi dan juga rasa syukur pada ilahi.

Flora dan fauna unik dapat kita temukan di taman nasional kelimutu. mulai dari kelelawar, burung, tikus lawo, musang, babi hutan, hingga ular dan ayam dapat kita jumpai hidup damai di belantara taman nasional ini. bahkan bila beruntung, nyanian burung Garugiwa yang merdu dapat kita dengar mengiringi perjalananan kita menyusuri hutan taman nasional kelimmutu. soal flora, lembah-lembah dekat kawah kelimutu didominasi oleh hijaunya pohon cemara gunung. keindahan bunga eidelweis yang berbunga sepanjang tahun pun dengan indah tumbuh di taman nasional ini. juga terdapat flora endemik di taman nasional kelimutu yaitu uta onga (Begonia kelimutuensis) yang berbunga putih kecil dan turuwara (Rhododendron renschianum) dengan keindahan bungannya yang merah.

Saat melakukan perjalanan mendaki taman nasional kelimutu, tidak akan ada lagi perasaan kesombongan di hati, karena saat berjalan di rimbunnya pepohonan tinggi, kita akan sadar bertapa kecilnya kita sebagai manusia, dan saat menemui tumbuhan atau hewan yang belum pernah kita lihat, kita akan menyadari bahwa masih banyak hal didunia ini yang belum kita ketahui.

Selain itu, semua keindahan dan kekayaan taman nasional kelimutu, lewat oksigen dari tumbuhan, segala airnya, tanahnya yang subur menunjukan nikmat yang diberikan Sang Pencipta kepada manusia. Ini seakan mengingatkan kita dengan ayat yang Tuhan katakan tentang “ nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?” kekayaan alam taman nasional kelimutu juga di tunjang oleh seni budaya masyarakat tradisional sekitarnya. seperti

Rumah-rumah adat di kampung wologai tengah. komunitas adat lio yang kental dengan tatakrama adat istiadannya. keindahan kain tenun khas yang berimajinasi tinggi. pemandangan alam yang berupa lahan-lahan pertanian khas desa pemo. juga masih banyak lagi. serta aura mistis dari kawah gunung kelimutu. bagi pencari inspirasi dan ketenangan jiwa, sepertinya wajib mengunjungi taman nasional kelimutu dan mungkin bermalam sejenak untuk sedikit berbaur dengan adat istiadat sekitar.

Bicara kelimutu memang tidak lengkap bila tidak membahas tiga buah danau berwarna yang berada di puncak Gunung kelimutuDanau pertama bern ama Tiwu Ata Bupu (danau arwah para orang tua), danau kedua bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (danau arwah muda-mudi) dan danau ketiga bernama Tiwu Ata Polo (danau arwah para tukang tenung).

Danau pertama dan kedua letaknya sangat berdekatan hanya dipisahkan oleh sebuah tebing curam, sedangkan danau ketiga terletak sekitar 1 km di bagian Barat. Warna air dari ketiga danau tersebut berbeda satu sama lain dan selalu berubah dari waktu ke waktu.

Saat melihat ketiga danau itu, suasana mistis memeng akan sedikit terasa di atmosfirnya. Namun bila melihat lebih lama, semuanya akan sangat terasa berbeda. Bila negeri indonesia ini digambarkan sebgai kanvas yang keindahannya dilukis oleh Tuhan, mungkin danau kelimutu ini adalah sebuah palet lukisan tempat menyimpan cat yang digunakan untuk melukis. Dan bila menelaah lebih jauh, suatu pelajaran penting tentag kehidupan akan kita terima. Yaitu tentang tempat dimana kita akan hidup setelah kematian, apakah setelah kehidupan ini, kita akan ditempatkan di tempat orang-orang bijak, dan baik atau ditempatkan bersama dengan orang-orang yang memiliki hati buruk. Suatu renungan yang akan kita dapat bila mengunjungi danau kelimutu di ketinggian 1.639 meter ini.

Tak hanya keindahan dan pengalaman tak terlupakan yang bisa di dapatkan saat mengunjungi taman nasional kelimutu ini. berbagai pelajaran akan diterima mulai dari perjalanan menuju kesana hingga tiba saatnya pulang. mulai dari bertambahnya keyakinan kita akan ke-Esaan dan keagungan Tuhan, kecintaan pada negeri, nilai-nilai pelestarian alam, belajar menghormati budaya baru, hingga mengetahui tujuan dalam hidup yang akan membawa kita pada suatu motivasi untuk terus menjelajah ketempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Dan mengajarkan bahwa tempat yang pantas dihuni oleh seorang manusia setelah kematian akan disesuaikan dengan amal perbuatannya semasa hidup. Mungkin semua itu adalah pesan Tuhan yang tersirat lewat keindahan dan kelimutu.