5 Top Destinasi Di Kalimantan untuk Para Petualang!

Dilihat 136 kali

Mungkin Kalimantan nggak sepopuler Bali yang namanya sudah mendunia. Namun untuk para penyuka petualangan, sebaiknya kalian mulai mengenal pulau ini lebih dekat. Karena fakta yang ada di Kalimantan ini ada banyak sekali tempat yang menyenangkan hati, dan memuaskan adrenalin para penyuka kegiatan petualangan.

Serunya lagi, petualangan yang bisa dilakukan di Kalimantan itu nggak cuma di darat saja lho bro! Buat yang doyan bertualang dibawah air, Kalimantan ini juga punya. Ada beberapa perairan dan lautan di Kalimantan yang bisa memuaskan hasrat kalian untuk menyelami kedalaman juga bertualang di bawah air.

Sementara itu buat yang suka melihat satwa liar langsung di alam liarnya juga bisa dilakukan di Kalimantan. Sudah jelas bukan, kalau di Kalimantan ini terdapat banyak hutan. Jadinya untuk yang suka trekking sekaligus mengamati satwa liar, berkunjung ke Kalimantan adalah pilihan yang sangat tepat.

Cek aja bro, beberapa tempat untuk bertualang di Kalimantan ini!

Pulau Sangalaki, Tempat Favoritnya Para Petualang Bawah Air

Ini adalah salah satu pulau yang berada di kawasan Kepulauan Derawan. Bisa dibilang salah satu pulau sempurna untuk yang suka dengan aktivitas petualangan di laut. Mulai dari sekedar berenang, snorkeling hingga menyelam sambal berburu foto Pari Manta bisa dilakukan disini.

Apalagi ada puluhan titik penyelaman yang bisa dicoba disini. Petualangan disini mngkin nggak akan cukup diselesaikan dalam satu hari. Namun tenang saja, di Pulau Sangalaki ini terdapat sebuah dive lodge untuk bernaung.

Jadi sangat mungkin untuk menginap disini hingga kalian bisa mencoba semua titik penyelama yang ada disini. Menyenangkannya, sembari menginap di pulau, kalian juga bisa berkeliling pulau untuk mengamati kehidupan penyu loh. Soalnya selain menjadi basecamp penyelaman, di pulau ini juga terdapat pusat konservasi penyu.

Taman Nasional Sebangau, Untuk Para Petualang dan Pecinta Satwa Liar

Sementara itu, bagian daratan Kalimantan yang super luas itu adalah surganya para penyuka trekking. Terutama kategori trekking blusukan masuk hutan yang masih lebat dan alami. Salah satu yang paling menyenangkan adalah trekking masuk ke hutan Taman Nasional Sebangau yang masih alami.

Perjalanan juga akan semakin seru Karena sebelum mulai trekking harus menyusuri sungai dulu selama kurang lebih satu jam. Baru setelah itu dilanjutkan dengan trekking melewati hutan yang masih alami selama 3 jam hingga ke base camp WWF Punggu Alas. Kurang menantang gimana coba kalau gini?

Nah, baru dari base camp WWF Punggu alas inilah aktifitas trekking untuk melihat berbagai satwa liar bisa dilakukan. Mau melihat burung atau satwa lainnya juga bisa. Karena lokasi base camp berada agak ke tengah hutan. Menemui satwa liar bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun, salah satu yang paling menarik disini adalah bisa melihat Orang Utan yang masih liar dan benar-benar hidup pada habitat aslinya secara langsung.

Danau Kakaban Tempatnya Berenang Bersama Ubur-Ubur Tak Menyengat

Berenang bersama ubur-ubur normal mungkin mengerikan ya! Tentu saja, siapa yang ingin disengat oleh ubur-ubur ketika berenang? Konsekuensi paling ringan, paling badan akan terasa gatal, paling parah bisa berujung pada kematian. Ngeri banget kan!?

Tetapi itu tidak berlaku untuk Ubur-Ubur di Danau Kakaban, yang hidup dan berada di Kepulauan Derawan. Karena proses evolusi yang lama, entah bagaimana ubur-ubur yang hidup di Danau Kakaban ini sudah kehilangan kemampuannya menyengat dan tinggal di air payau. Jadinya berenang dengan mereka sangatlah aman. Mereka ini sudah tidak bisa menyengat lagi.

Namun ingat ya, kalau berenang dengan ubur-ubur ini jangan sampai mengganggunya seperti memegang, atau bahkan menendangnya. Menceburkan diri ke danau dengan meloncat juga tidak diperbolehkan, karena bisa melukai ubur-ubur tadi secara tidak sengaja. Namun kalau sekedar selfie saja sih masih boleh ya!

Taman Nasional Kutai Rumah Para Pohon Raksasa

Namanya juga Kalimantan, pasti bakal ditemui dengan mudah berbagai macam jenis pepohonan ya? Namun bagaimana dengan pohon raksasa? Apakah kalian pernah melihatnya? Jika belum, berarti kalian harus bertualang ke Taman Nasional Kutai. Paling dekat aksesnya adalah trekking dari Wisata Alam Sangkima.

Iya, hanya dengan trekking selama kurang dari setengah jam, kalian sudah bisa menemukan salah satu keajaiban di Kalimantan. Disini terdapat sebuah Kayu Ulin berukuran raksasa yang telah berumur 10 abad, atau 1000 tahun? Saking besarnya, untuk memeluknya perlu paling tidak 8 orang! Nggak percaya? Coba saja datang dan lihat sendiri!

Melihat Lebih Dekat Kerbau Rawa Amuntai

Bertualang, lalu ketemu kerbau di perjalanan sih mungkin hal yang biasa saja ya. Namun bagaimana jika ternyata bertemu kerbau yang hobi berendam di rawa-rawa? Suatu hal yang nggak lazim bukan? Kerbau seperti ini bisa kalian temukan di Danau Panggang, Amuntai.

Perlu sedikit perjuangan untuk bertemu dengan kerbau unik ini. Perjalanan untuk bertemu Kerbau Rawa Amuntai ini dimulai dari Pasar Danau Panggang, dari sebuah dermaga kecil di tepi sungai yang terhubung dengan rawa tempat Kerbau Berada. Kira-kira perlu sekitar satu jam perjalanan dengan perahu menyuri rawa sebelum akhirnya bisa bertemu dengan Kerbau Rawa yang suka berenang ini.

Biasanya Kerbau Rawa ini mulai berenang dan turun ke Rawa-Rawa yang ada disini ketika pagi hari, dan kembali lagi ke kendang tempat mereka tinggal menjelang matahari terbenam. Sebenarnya mereka berenang bukan karen hobi, tetapi lebih Karena untuk mendapatkan makanan. Tertarik untuk bertualang ke Kalimantan dan bertemu mereka?

***

Nah, itu lah dia beberapa daya tarik Kalimantan untuk para penyuka kegiatan petualangan. Mulai dari trekking di hutan, menyelam di kedalaman laut Kalimantan, hingga menyusuri rawa-rawa bisa dilakukan. Tinggal dipilih, mana yang paling sesuai dengan style petualangan kalian. Yuk, tunggu apa lagi! Lets adventure to Kalimantan!