Takengon Aceh, Negeri di Atas Awan

Dilihat 3171 kali

Takengon adalah destinasi impian yang saya ingin kunjungi di Indonesia, Takengon ini sangat terkenal akan kopi Gayo yang mendunia. Keindahan alam dan jauhnya jarak dari Banda Aceh sampai Takengon ini membuat destinasi ini tidak begitu banyak dikenal oleh orang. Takengon Aceh merupakan salah satu kota yang berada di Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Daerah yang satu ini sering dijuluki negeri di atas awan karena terletak di dataran tinggi dan memiliki pemandangan menakjubkan.

Salah satu destinasi yang sangat dikenal adalah danau laut tawar, danau ini menjadi ikon wisata Takengon dan dikenal juga dengan sebutan Danau Lut Tawar oleh masyarakat setempat. Danau  ini terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Danau yang sangat luas membuat danau ini terlihat seperti laut. Akses menuju danau ini terbilang mudah karena danau ini cukup dekat dengan kota Takengon.

Dari pusat kota Takengon hanya diperlukan waktu sekitar 60 menit perjalanan jika ingin mengelilingi danau ini. Tetapi jika ingin sambil memotret sehari di Takengon tidaklah cukup untuk menyusuri keindahan danau ini. Kuliner yang dikenal di danau ini adalah Ikan depik ini hanya dapat ditemukan di Danau Laut Air Tawar. Anda pun dapat menikmati indahnya Danau Laut Tawar sambil makan ikan depik yang rasanya gurih.

Selain danau Laut Tawar, anda juga dapat menikmati wisata alam lainnya yaitu Pantan Terong. Pantan Terong terletak di bukit dataran tinggi Gayo Takengon, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Landmark dari objek wisata yang satu ini adalah Puncak Pantan Terong. Dari ketinggian sekitar 1839 meter maka anda dapat menyaksikan pemandangan Kota Takengon. Selain pemandangan kota Takengon, kamu juga dapat melihat pemandangan Danau Laut Tawar.

Dari puncak tersebut anda dapat menyaksikan keindahan alam yang luar biasa seperti bukit-bukit hijau yang sangat asri. Tempat ini tentunya merupakan spot yang pas untuk mengambil foto. Untuk menuju ke lokasi ini pun sangat mudah. Dari pusat kota Takengon anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 5 km. Jalan untuk menuju Pantan Terong ini pun sangat baik. Namun perlu anda perhatikan bahwa medan jalan sering kali menanjak dan terjal. Oleh sebab itu pastikan kendaran anda dalam kondisi yang baik.

Datarang Tinggi Gayo terletak di puncak bukit barisan, masyarakat lokal menyebutnya sebagai Bur Gayo yang juga merupakan nama lain daerah dataran tinggi. Yang saya suka dari Takengon adalah dapat menikmati segarnya udara serta pemandangan alam yang hijau. Untuk menuju Gayo Highland ini juga tidak terlalu sulit. bisa menggunakan kendaran mobil dan juga motor dengan memakan waktu kira-kira 30 menit dari pusat kota Takengon.

Nah, selain menikmati pemandangan alam yang masih asri juga dapat menikmati kopi. Gayo Highland ini memang terkenal dengan kopinya sehingga tempat wisata ini sering disebut dengan Negeri Kopi. Kopi Gayo ini merupakan salah satu jenis kopi Arabica yang memiliki rasa khas dan nikmat. Jadi bagi anda pecinta kopi wajib mengunjungi tempat ini.

Yang membuat banyak orang untuk mengunjungi datarang tinggi Gayo ini adalah Kopi Gayo yang sangat terkenal di dunia, ya memang kopi gayo salah satu kopi yang paling dinikmati oleh banyak orang didunia termasuk saya. Citarasa kopi ini ringan tetapi punya aroma harum yang sangat terasa. Memang paling pas ketika menikmati keindahan Takengon Aceh ini sambil menyeruput kopinya yang nikmat.