Bedah Mitos Pasar Setan

Dilihat 62 kali

Fenomena eksistensi pasar setan atau yang sering dikenal dengan nama pasar bubrah sebenarnya telah banyak dikenal oleh masyarakat setempat dan para pendaki-pendaki gunung. Terlepas dari unsur misteri yang beredar, sebenarnya masih bisa ditelaah secara lebih realistis. 

Contohnya di rute pendakian di Gunung Sumbing-Jawa Tengah, disadur dari salah satu blog yang memuat cerita tentang pasar setan di Gunung Sumbing yang mengaku dari tim mapala satu daerah. Di lokasi tersebut mereka menjumpai sesosok jasad bersemedi yang membeku dan terlihat oleh seluruh anggota. Di lokasi berdekatan mereka juga melihat lima sosok wanita menempel di perbukitan. 

Keangkeran dan kengerian seperti ini secara ilmiah dapat dipahami karena adanya faktor-faktor pendukung. Antara lain seperti kelelahan pendaki setelah berjalan jauh, kegelapan malam, kondisi alam akibat tekstur gunung, seringkali menyebabkan halusinasi.

Via larisahomestay.com

Suasana angker di daerah pasar setan seringkali ditambah dengan adanya keberadaan bekas nisan atau monumen untuk memperingati meninggalnya pendaki di lokasi tersebut. Kalau ada bentuk semacam kuburan, sebenarnya itu bukan kuburan asli, itu hanya penanda saja. Tapi nggak bisa dipungkiri bahwa keberadaan itu menjadi lokasi terlihat lebih menyeramkan

Featured Image :rheyzaurusworld.wordpress.com

Referensi Artikel : anehdidunia.com