Bro, Makanan Khas Arab Ini Sudah Lama Jadi Idola di Indonesia Lho!

Dilihat 133 kali

Bro, Lo tahu nggak kalau di Indonesia ini, banyak kuliner khas Arab yang justru jadi primadona pencinta kuliner. Bahkan saking populernya, makanan-makanan tersebut tidak hanya disajikan dalam resep aslinya saja, tapi juga dimodifikasi demi menyesuaikan dengan selera lidah lokal.

Mau tahu apa saja? Berikut merupakan beberapa kuliner dari Arab yang berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena kelezatannya.

Martabak

Martabak merupakan salah satu makanan populer di Indonesia. Makanan yang berasal dari kata Muttabaq ini berhasil berasimilasi dengan berbagai daerah di Indonesia, hingga tercipta citaranya makanan baru, dari mulai Martabak Kubang, Martabak Bangka hingga Martabak Bandung.

Martabak sendiri terdiri dari 2 varian, pertama Martabak asin yang terbuat dari tepung dan telur, dengan tambahan daging atau bahan lainnya, dan Martabak Manis yang terbuat dari tepung dan bahan lainnya.

Roti Prata

Di Indonesia sendiri, Roti Prata lebih dikenal dengan nama Roti Canai. Sama seperti Martabak, sebelum terkenal dan menyebar di Indonesia, makanan ini sudah lebih dulu terkenal di India. Nggak heran kalau banyak yang menyangka Roti Canai berasal dari India.

Roti Canai terbuat dari lapisan kulit martabak yang tipis, dan dilipat-lipat hingga akhirnya dihancurkan setelah di panggang. Biasanya, Roti Canai dikonsumsi dengan gulai atau tambahan bahan lainnya.

Nasi Biryani

Sebelum Nasi Kebuli, sebenarnya Nasi Biryani sudah lebih dulu dikenal dan disukai kebanyakan masyarakat Indonesia. Makanan yang berupa nasi dan campuran daging ini cukup dikenal di Indonesia dengan bumbu rempahnya yang sangat tajam.

Biasanya, Nasi Biryani disajikan untuk menyambut hari-hari besar atau moment makan bersama. Rasanya yang gurih penuh rempah, dijamin membuat lidah Lo ketagihan bro!

Gulai Kambing

Siapa sih yang nggak kenal dengan gulai kambing. Makanan ini begitu populer di Indonesia sebagai salah satu sajian mewah saat berpesta atau berkumpul bersama sanak saudara.

Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terpengaruh dari kuliner Arab dan India ini kerap dimasukan dalam prosesi adat. Selain itu, konon katanya gulai kambing mampu membangkitkan semangat mereka yang menikmatinya.