Main Ke Banjarmasin, Yuk Cicipi Kuliner Kekinian Asinan Rambutan!

Dilihat 168 kali

Nggak cuma Bogor saja bro, di daerah Kalimantan, khususnya Banjarmasin, Lo bakal menemukan olahan asinan unik dengan rasanya yang begitu lezat. Bahkan saking populernya, kuliner yang bernama asinan rambutan ini kerap dijadikan sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin.

Uniknya, di Banjarmasin sendiri asinan rambutan hanya justru lebih dikenal dengan nama rambutan kekinian. Sebutan nama unik ini tidak lepas dari banyaknya ulasan dan foto-foto yang diunggah para netizen di media sosial, khususnya di Instagram.

Memang apa sih yang membuat asinan rambutan ini begitu fenomenal?

Dari segi tampilan, asinan rambutan memang nggak beda jauh dengan asinan lainnya. Yang membedakan justru bahannya yang terbuat dari rambutan, dan bumbu yang digunakannya, mampu menawarkan perpaduan rasa yang sangat unik dan menyegarkan.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti siapa orang yang pertama kali menciptakan kuliner unik ini, tapi yang pasti, banyak orang percaya jika Kota Banjarmasin sebagai asal mula diciptakannya kuliner segar berbahan dasar buah rambutan ini.

Sesuai dengan mamanya, asinan rambutan dibuat dari daging rambutan yang dicampur dengan potongan cabai, gula, jeruk nipis, garam dan air dingin sebagai penyegar. Dengan campuran ini, Lo bakal menikmati rasa manis, asam, pedas dan segar dalam satu makanan.

Menariknya lagi, asinan rambutan nggak cuma bisa disajikan sebagai camilan kekinian saja, tapi juga bisa disajikan bersama seafood seagai pengganti acar. Alasannya, tentu saja karena asinan rambutan ini punya rasa yang menyegarkan dan ampuh menghilangkan bau amis dari ikan.

Sebagai pengganti acar, asinan rambutan pun cocok disandingkan dengan aneka macam sate, olahan ikan bakar, atau bahkan bisa dijadikan sebagai penyempurna menu nasi goreng.

Nah, buat Lo yang ingin mencicipi gimana lezatnya asinan rambutan, datang aja ke Banjarmasin. Hampir setiap toko oleh-oleh menyajikan makanan ini, baik yang disantap langsung atau bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin.

Sebagai alternatif, Lo pun bisa membeli asinan khas Banjarmasin yang dijual secara online, atau bisa juga membuatnya sendiri. Caranya gampang kok, bahkan sama banget dengan cara membuat asinan biasa. Gimana bro, tertarik untuk mencicipi makanan unik ini?