Namanya Geblek, Kuliner Unik Asal Kulonprogo!

Dilihat 588 kali

Karena beberapa alasan, banyak kuliner unik yang akhirnya beri nama yang sedikit nyeleneh. Salah satunya adalah geblek, kuliner unik dengan rasa renyah dan kerap dijadikan sebagai olah-oleh baut mereka yang baru main dari Kulonprogo.

FYI, geblek sendiri bukanlah ungkapan kemarahan atau kata-kata kasar bro, melainkan sebuah kuliner yang secara fisik mirip dengan kerupuk. Salah satu daerah di Kulonprogo yang dikenal sebagai pusat pembuatan Geblek adalah Secang Sendang Sari.

Cara membuat kudapan ini ternyata sangat sederhana bro. Pertama bahan baku utama, Ketela, dicampur dengan bumbu garam dan bawang. Setelah itu, adonan geblek pun kemudian dibentuk menyerupai angka 0 alias bulat, setelah itu digoreng hingga kering.

Saking populernya, di Kulonprogo sendiri kini sudah ada paguyuban atau komunitas usaha yang bergerak dibidang geblek, dari mulai penjual hingga mereka produsen makanan unik ini.

Biasanya, geblek disajikan bersama tempe benguk. Nah Lho, aneh lagi kan? Jadi gini bro, tempe benguk sendiri merupakan tempe yang terbuat dari biji benguk dan dibungkus dengan daun pisang. Selain tempe benguk, geblek pun biasanya disajikan bersama tempe brengsek.

Jadi makanan kekinian

Selain dengan tambahan tempe brengsek atau bisa juga dijodohkan dengan tempe benguk, geblek pun kini naik kelas menjadi makanan kekinian yang digemari anak muda.

Jika biasanya Lo hanya menemukan akan menemukan geblek di Alun-alun, pasar atau tempat lainnya sebagai jajanan pinggir jalan, sekarang geblek bisa Lo temukan di cafe-cafe atau tempat nongkrong anak muda di Kulonprogo.

Sselain itu, geblek pun kini sudah dimodifikasi dengan campuran mayonais, keju dan saos khusus khas anak muda. Tentu saja rasa tradisional dari geblek ini sedikit bergeser dengan sentuhan rasa modern.

Walaupun begitu, masih banyak anak muda yang merindungan rasa geblek original, tanpa sentuhan bumbu modern. Menurut mereka, rasa gurih geblek yang khas justru tenggelam saat bertemu dengan bumbu modern, seperti keju atau mayonais.

Terlepas dari semua itu, geblek memang fenomenal. Tergantung bagaimana Lo mau menikmatinya, baik cara tradisional ataupun modern, geblek tetap lezat!