Penggila Kuliner Unik Ampiang Dadiah Khas Minang Wajib Lo Cicipi!

Dilihat 143 kali

Tahun kan Rendang? Yup, makanan asal Padang, Sumatera Utara tersebut dikenal sebagai salah satu dari deretan makanan terenak di dunia. Selain itu, Padang pun dikenal kuliner lainnya yang penuh rempah, dari mulai dendeng balado, ikan balado hingga satai padang.

Tidak hanya itu, Padang masih menyimpan banyak kuliner lainnya yang menakjubkan dan layak Lo cicipi. Salah satunya makanan unik yang bernama Ampiang Dadiah.

Ampiang Dadiah sendiri merupakan kudapan yang mengkombinasikan dua makanan unik, yakni ampiang atau emping yang terbuat dari beras ketan, dan dadiah, kudapan lezat mirip dengan yoghurt, tapi diolah dengan cara tradisional khas Minangkabau.

Jika dilihat sepintas, makanan unik ini mirip dengan bubur sumsum. Tapi kalau untuk masalah rasa, tentu saja Ampiang Dadiah punya rasa yang lebih gurih, dan pekat khas susu kerbau. Selain itu, cara pembuatannya pun jauh berbeda.

Untuk Ampiang atau emping, cara pembuatannya relatif sama dengan kebanyakan emping yang beredar di Indonesia. Nah, yang bedanya ini dalam dadiah-nya. Kudapan ini diolah dari susu kerbau segar, kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dipotong-potong kecil.

Setelah itu, potongan bambu (biasanya berukuran 15-30 cm) tersebut ditutup dengan menggunakan daun pisang dan disimpan selama dua malam. Tekturnya sendiri sangat lembut, mirip banget deh sama yoghurt. Makanya dadiah disebut-sebut sebagai yoghurt tradisional dari Indonesia.

Saat bertemu dengan Ampiang, makanan ini biasanya dicampur dengan kuah gula merah cair, serutan es dan serutan kelapa. Terkadang, dadiah pun disajikan bersama dengan sambal balado, sirih dan lauk lainnya sebagai teman makan nasi.

Mengenai khasiatnya, dadiah sendiri dipercaya efektif untuk menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, memaksimalkan kinerja jantung, menjaga daya tahan tubuh, menambah stamina dan konon katanya, dadiah berkhasiat juga sebagai penambah vitalitas kaum pria.

Dimana sih bisa mendapatkan sajian Ampiang Dadiah ini?

Banyak bro, contohnya saja di Kedai soto legendaris di Pasa Ateh, Lestari H. Minah. Di sini, satu porsi Ampiang Dadiah, dibanderol dengan harga 15 ribuan. Selain itu, Lo pun bisa mendapatkan Ampiang Dadiah di Rumah Makan Gumarang, di Jl. Enggano Raya – Tanjung Priok.

Selain itu, tentu masih banyak tempat-tempat lainnya yang menyediakan Ampiang Dadiah sebagai salah satu menu utama. Nah bro, Lo sendiri biasanya dimana sering menemukan kuliner unik dan lezat ini?