Awalnya Kecil, DJI Kini Akuisisi Penuh Hasselblad?

Dilihat 169 kali

Awalnya DJI hanya membeli sebagian kecil saham Hasselblad di bulan November 2016 kemarin. Tapi setelah itu, perusahaan yang dikenal sebagai produsen drone tangguh ini berhasil mencaplok Hasselblad dan resmi menjadi pemegang saham mayoritas produsen kamera legendaris tersebut.

FYI, jalinan mesra kedua perusahaan ini dimulai pada pertengahan tahun 2016. Saat itu, keduanya bahu-membagu untuk membuat drone pertama yang dibekali kamera medium format. Nggak tanggung-tanggung bro, banderol harga drone ini mencapai USD 5.000, atau setara 66 jutaan.

Setelah kerjasama besar ini, sepertinya DJI benar-benar kepincut dengan Hasselblad. Hal ini dibuktikan dengan pembelian sebagian kecil saham Hasselblad di akhir tahun 2016. Perlahan tapi pasti, DJI pun kini berhasil menjadi pemegang saham mayoritas produsen kamera asal Swedia itu.

Dilansir dalam Peta Pixel, keberhasilan produsen drone asal China tersebut kini menempatkannya sebagai pemilik baru Hasselblad. Walaupun begitu, keduanya sepertinya sepakat untuk menyimpan rapat informasi terkait pembelian saham tersebut.

Lewat laporannnya di Luminoius Landscape, seorang sumber bernama Kevin Raber, menyebut jika DJI sekarang sudah resmi menjadi pemilik Hasselblad. Rasanya sangat mustahil untuk menutupi berita ini, pasalnya dari pemilik saham, hingga distributor dan reseller, semuanya sudah mengetahui kabar ini.

Bahkan lebih jauh lagi, Kevin menyebut jika jaringan-jaringan kecil sangat tidak mungkin menutupi kabar sebesar ini dalam waktu lama. Bagaimanapun mereka harus bicara untuk memastikan dimana posisi mereka sekarang, terutama terkait hal-hal yang menyangkut bisnis pribadi.

Seperti disebutkan di atas, hingga saat ini pihak DJI dan Hasselblad belum mau mengeluarkan pernyataan tentang isu akusisi tersebut. Tapi suatu saat nanti, Kevin meyakini jika informasi besar ini akan segera terbuka lewat pernyataan resmi dari pihak perusahaan.

Mengenai nilai mahar yang harus dikeluarkan DJI untuk bisa mengakuisisi Hasselblad, Kevin enggan memberikan komentar. Menurutnya, dana segar yang digelontorkan pihak DJI pasti sangat besar. Nah, gimana menurut Lo bro?