Benarkah Performa Ngacir Nintendo Switch Karena Capcom?

Dilihat 171 kali

Terlepas dari beberapa masalah, seperti Joy-Con yang sering error dan tragedi bodi melengkung yang belakangan ini banyak dibicarakan netizen, jeroan yang dibawa Nintendo Switch memang mampu menyuguhkan performa yang cukup ngacir.

Dengan performanya ini, Lo bisa bermain games favorit dengan lancar dan nyaman. Suguhan grafis yang disajikannya pun tergolong istimewa. Sangat pantas kalau akhirnya Nintendo Switch jadi salah satu konsol tersukses dengan pernjualan fantastis.

Tapi Lo tahu nggak kalau performa moncer Nintendo Switch karena Capcom?

Jadi begini bro! Jauh sebelum Switch diluncurkan, pihak Nontendo dan Capcom sempat duduk bersama di panggung Game Creators Conference 2017. Nah, ketika itu pihak Nintendo diwakili oleh Masaru Mitsuyoshi, sementara pihak Capcop sendiri diwakili oleh Masaru Ijuin.

Nah, agenda pertemuan kedua petinggi perusahaan games tersebut adalah, bagaimana cara agar Nintendo Switch tidak hanya menarik, tapi juga punya spesifikasi dan performa yang menakjubkan.

Dalam pertemuan tersebut, secara khusus Ijuin memperhatikan penggunaan RAM yang disematkan dalam Nintendo Switch. Bahkan ketika itu, dia menyarankan agar konsol Nintendo tersebut dibekali dengan RAM yang cukup besar, setidaknya 4 GB.

Sederhana saja, Ijuin memandang jika Capcom sangat ingin agar Nintendo Switch bisa mengakomodir kebutuhan memori akan engine besutan Capcom. Sebagai catatan, ketika itu pihak Capcom sedang mengembangkan RE Engine.

Bak gayung bersambut, usulan Ijuin pun akhirnya diterima dengan baik oleh Nintendo. Bahkan setelah pertemuan tersebut, pihak Nintendo akhirnya memutuskan untuk menyematkan RAM 4 GB dalam konsol barunya tersebut.

RAM 4 GB tersebut pertama kali terbongkar oleh iFixit ketika mereka membongkar Nintendo Switch. Saat itu, mereka melihat ada dua keping RAM yang terpasang di dalam Nintendo Switch, dimana total kedua RAM tersebut berjumlah 4 GB.

Anehnya, walaupun pihak Nintendo sudah mengikuti anjuran Ijuin, sampai saat ini pihak Capcom sendiri masih belum merilis game dengan RE Engine untuk Nintendo Switch. Tapi nggak apa-apa bro, minimalnya, karena saran Ijuin, performa Nintendo Switch kini terasa lebih moncer.