Di Masa Depan, Baterai iPhone Bisa Di-Charge Lewat Wi-Fi?

Dilihat 53 kali

Apple dikabarkan telah mematenkan teknologi isi ulang baterai terbarunya. Teknologi tersebut memungkinkan para pengguna iPhone untuk mengisi ulang iPhone mereka melalui koneksi Wi-Fi.

Hal ini pastinya akan terasa sangat menyenangkan bagi para pengguna iPhone. Ini karena mereka bisa berselancar di internet sambil mengisi daya baterai iPhone yang mereka miliki dengan listrik yang dihantarkan melalui sinyal Wi-Fi.

Itulah kemampuan dari teknologi "Wi-Fi charging" yang beberapa waktu lalu telah dipatenkan oleh Apple. Teknologi ini pun mampu mentransfer daya melalui perantara berbagai sinyal wireless seperti sinyal Wifi di 2,4 GHz dan 5 GHz atau sinyal seluler di 700 MHz - 2.700 MHz.

Paten teknologi yang dikenal dengan nama "Wireless Charging and Communications Systems with Dual-Frequency Patch Antennas" ini pun secara teoritis dapat mengirim daya melalui router Wi-Fi rumahan ataupun satelit.

Rahasia dari teknologi ini terletak pada penggunaan antena dan sirkuit khusus. Kedua perangkat tersebut mampu meningkatkan kekuatan dari sinyal nirkabel yang nantinya diterima oleh antena smartphone. Sinyal inilah yang kemudian akan dikonversi menjadi listrik yang berfungsi untuk mengisi baterai.

Antena yang digunakan dalam teknologi ini juga bisa dipakai untuk beamforming/beam steering atau menembakan sinyal  secara langung ke smartphone yang telah terhubung dengan router. Beamforming sendiri sebelumnya telah digunakan pada router Apple Airport.

Sebenarnya ide untuk memanfaat sinyal WI-Fi sebagai medium data dan daya bukanlah ide baru. Sebelumnya beberapa pihak seperti Disney Research dan University of Washington juga telah melakukan eksperimen dengan menggunakan medan elektromagnetik untuk keperluan yang sama.

Paten Apple untuk teknologi Wi-Fi charging ini telah diajukan pada bulan Oktober 2015 lalu. Nantinya selain pada iPhone, teknologi ini pun juga bisa diterapkan pada sejumlah perangkat lain keluaran Apple seperti MacBook, iPod dan iPad.

Tetapi hingga saat ini, teknologi tersebut masih berupa konsep saja sehingga belum dapat digunakan pada iPhone atau perangkat Apple lainnya. Selain itu, pihak Apple sendiri masih belum memberikan bocoran mengenai kapan tepatnnya " Wi-Fi charging" ini benar-benar terwujud.