Makin Menggoda, Drone Canon Dibanderol 260 Jutaan!

Dilihat 186 kali

Untuk urusan tren drone yang cukup meningkat beberapa tahun terakhir ini, Canon sepertinya tidak mau ketingggalan dan berusaha menghadirkan drone yang tidak kalah menarik dari para kompetitornya.

Di pekan ini, pabrikan kamera asal Jepang tersebut telah memamerkan produk wahana terbang nirawak terbarunya. Produk tersebut adalah PD6E2000-AW-CJ1. Drone hexacopter ini nantinya akan diluncurkan untuk keperluan industri dan search and rescue (SAR).

Pada tubuh drone PD6E2000-AW-CJ1 sendiri terdapat enam rotor dan gimbal 2-axis yang mampu mengangkut beban hingga seberat 10 kg. Nah pada gimbal inilah, lo bisa memasangkan kamera Canon tipe ME20F-SH.

Kamera Canon tipe ME20F-SH sendiri memiliki spesifikasi dan kemampuan yang cukup menarik. Salah satunya adalah kemampuan untuk melihat di kegelapan dengan tingkat sensitivitas sensor yang  mencapai ISO 4.000.000. 

Sementara untuk PD6E2000-AW-CJ1 sendiri, drone ini mampu terbang di tengah hujan tanpa mengalami masalah yang berarti. Ini karena drone besutan Canon tersebut telah dibekali dengan kemampuan anti air sehingga sangat cocok untuk keperluan search and rescue (SAR).

Saat ini PD6E2000-AW-CJ1 sudah muncul di situs Canon Jepang. Selain itu, melalui video yang berdurasi kurang dari dua menit, Canon pun memamerkan kemampuan yang dimiliki drone PD6E2000-AW-CJ1 dimana drone tersebut terbang di malam hari dan mampu menangkap gambar dengan kualitas yang cukup jelas dalam kondisi yang gelap gulita.

Kabarnya drone PD6E2000-AW-CJ1 ini juga akan dipamerkan pada sebuah acara yang bertajuk Video Transmission Expo. Acara tersebut akan berlangsung di Tokyo, Jepang pada pekan ini.

Lantas berapa harga resmi untuk PD6E2000-AW-CJ1? Menurut informasi yang beredar, Canon akan membanderol drone tersebut dengan kisaran harga 20.000 dollar AS. Jika dirupiahkan, maka harga untuk drone ini bisa lebih dari lebih dari Rp 260 juta.

Terbilang cukup mahal memang. Tetapi kemampuan yang dimiliki drone ini memang cukup menarik. Sayangnya hingga saat ini masih belum diketahui apakah harga yang ditawarkan Canon tersebut sudah termasuk kamera ME20F-SH atau belum. Jika belum, maka para konsumen tentunya harus merogok kocek lebih dalam lagi.