Mantap Bro, Harddisk Helium 12 Terabyte Milik Western Digital Resmi Meluncur!

Dilihat 87 kali

Harddisk yang menggunakan teknologi gas helium dikenal memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang jauh lebih besar dibanding dengan jenis harddisk lain. Bahkan, hingga saat ini pun kapasitas maksimalnya terus diperbesar.

Minggu ini saja, Western Digital meluncurkan harddisk "helium" terbarunya yang memiliki kapasitas penyimpanan data sebesar 12 terabyte (12.000 gigabyte). Harddisk yang diluncurkan di bawah brand HGST ini adalah Ultrastar He12.

HGST sendiri sejak beberapa tahun lalu memang telah mengembangkan harddisk yang berisi helium. Hardist tersebut pun dibuat melalui proses yang dikenal dengan nama HelioSeal. Dalam proses tersebut, helium akan dimasukan ke dalam ruang internal di dalam harddisk, atau tepatnnya di tempat piringan penyimpanan data berada.

Gas helium ini memiliki micro-climate yang hanya 1/7 dari kepadatan udara biasa. Dengan demikian, gas ini pun mampu memperingan kerja lengan pembaca data. Selain itu, dengan gas tersebut, harddisk juga dapat menyimpan piringan penyimpanan data yang lebih tipis dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Menariknya, performanya menjadi jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan harddisk yang ruang internalnya diisi dengan udara biasa.

Mark Grace yang saat ini menjabat sebagai Senior Vice President of Devices Western Digital sendiri mengatakan bahwa dengan diluncurkannya Ultrastar He12 ini, maka HelioSeal Western Digital pun memajukan portofolionya dalam menyajikan harddisk berukuran besar yang terdepan di industri dengan efisiensi daya yang maksimal.

Kapasitas ruang penyimpanan harddisk helium sendiri 50 persen lebih besar jika dibandingkan dengan harddisk lain yang berisi udara biasa sehingga para pengguna pun bisa menyimpan lebih banyak data di hardist tersebut. Selain itu, Ultrastar He12 ini memiliki delapan buah piringan magnetik penyimpan data di dalamnya. Meski demikian, konsumsi dayanya masih tetap efisien.

Ultrastar He12 ini ditunjukan bagi kalangan enterprise dan memiliki mean time before failure selama 2,5 juta jam. Hingga saat ini harga resminya masih belum diketahui. Tetapi kabarnya Ultrastar He12 sendiri akan tersedia dalam dua pilihan, yaitu interface SAS 12 Gbps dan SATA 6 GBps.