Sekedar Wireless Charging Sih Biasa, Sony Punya yang Lebih Dahsyat!

Dilihat 130 kali

Saat ini fitur wireless charging bukan hal yang dianggap istimewa lagi. Pasalnya, sudah banyak produsen smartphone yang menerapkan fitur ini dalam produk-produk yang mereka jual, walaupun memang masih terbatas di smartphone kelas high end saja.

Selain teknologi wireless charging, belakangan ini pun muncul teknologi yang bisa membuat smartphone bisa mengisi daya smartphone lainnya. Bahkan teknologi charging antar smartphone lewat kabel USB ini sudah lumrah, bahkan banyak diadopsi juga oleh smartphone kelas entry level.

Tapi gimana kalau teknologi wireless charging dikawinkan dengan charging antar smartphone?

Hal inilah yang sekarang ini sedang dikembangkan oleh Sony. Lewat sebuah bocoran yang menunjukan pengajuan aplikasi paten,  perusahaan asal Jepang tersebut terlihat menggunakan sebuah teknologi aneh yang berupa charging antar smartphone dengan menggunakan teknologi wireless.

Dilansir dalam The Next Web, untuk bisa bekerja dengan maksimal, teknologi wireless charging antar smartphone ini mengandalkan sistem antena khusus yang berfungsi sebagai penerima dan pengirim daya, mirip dengan kegiatan saling berkirim data menggunakan bluetooth.

Tidak hanya itu, dalam paten tersebut pun pihak Sony menyertakan sebuah aplikasi dengan tampilan antarmuka grafis yang berfungi untuk memandu pengguna ketika akan menjalankan proses koneksi, sekaligus untuk melanjutkan transfer daya secara wireless.

Sayang bro, hingga saat ini belum ada kabar seri smartphone Sony mana yang akan memiliki teknologi pengisian daya anti-mainstream ini. Selain itu, belum diketahui juga berapa kekuatan transfer daya dan jarak yang dibutuhkan antar perangkat untuk bisa melakukan charging secara nirkabel.

Perlu diingat, teknologi yang ditawarkan Sony ini masih berupa paten saja. Hingga kini belum ada konfirmasi apakah mekanisme unik pengisian daya secara nirkabel besutan Sony ini akan benar-benar terwujud dalam bentuk produk nyata atau tidak.

Tapi yang jelas, dengan adanya paten ini, setidaknya kita bisa tahu jika teknologi ini telah membuat teknologi wireless changing lebih berkembang menjadi teknologi yang lebih ringkas. Gimana menurut Lo bro, keren banget bukan?