Terinspirasi Wolverine, Nanti Layar Ponsel Retak Bisa Sembuh Kembali!

Dilihat 74 kali

Buat Lo yang takut banget layar ponselnya retak karena terjatuh atau tergencet saat berpetualang, mulai sekarang nggak perlu khawatir lagi. Pasalnya, baru-baru ini sejumlah ilmuwan dikabarkan tengah gencar mengembangkan sebuah material baru anti-pecah atau anti-retak.

Dilansir dalam Science Daily, bukan tidak bisa pecah tiba bisa retak karena sangat kuat bro. Melainkan layar ini disebut anti-pecah atau anti-retak karena dikembangkan dengan bahan-bahan khusus yang membuatnya bisa menyembuhkan diri saat lara ponsel pecah.

Sama seperti layar smartphone dan produk elektronik pada umumnya, material baru buatan sekelompok ahli kimia dari University of California di Riverside dan University of Colorado ini akan terlihat transparan, konduktif dan sangat lentur.

Dalam keterangannya, Chao Wang, selaku pimpinan penelitian, menyebut jika bahan ini nantinya akan dipergunakan untuk industri perangkat elektronik, robitic, hingga smartphone. Tentu saja temuan ini masih dalam tahap awal, dan masih butuh pengembangan hingga material ini siap digunakan.

Untuk sampai ke tahap ini, Wang menyebutkan jika dirinya dan tim telah banyak melakukan eksperimen. Bahkan yang terbaru, dalam pengujian tersebut material layar ini sanggup memperbaiki dirinya sendiri saat terjadi kerusakan, seperti retak atau pecah.

Proses penyembuhan retak atau pecah pada layar ini memang masih tergolong lama, yakni selama dalam 24 jam. Tapi menurutnya, progress ini sudah tergolong masuk kategori luar biasa.

Ada hal yang cukup menarik terkait penemuan material ini. Menurut Wang, material ini terinspirasi dari Wolverine, tokoh serial komik super hero Marvel yang punya kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri dalam waktu yang cukup singkat.

Melihat kemajuan atas penelitiannya ini, Wang sangat yakin jika dalam waktu dekat ponsel dengan layar yang bisa sembuh sendiri saat retak atau pecah, akan segera terwujud. Bahkan bukan tidak mustahil material ini pun akan digunakan untuk layar televisi, hingga teknologi rumahan.

Lebih jauh lagi, Wang berharap penemuan ini bisa menginspirasi para peneliti laninnya untuk segera menemukan teknologi lainnya yang lebih dahsyat. Gimana menurut Lo bro, penemuan yang keren banget bukan?