Agar Gadget Tetap Awet Selama Perjalanan Part 4

Dilihat 183 kali

Smartphone dan tablet adalah dua macam gadget yang paling wajib dibawa selama perjalanan. Alasannya sangat beragam. Mulai dari kebutuhan komunikasi, perlunya koneksi internet, memudahkan perjalanan hingga kebiasaan tak bisa lepas dengan gadget.

Hal itu sudah lumrah terjadi di era modern ini. Tapi mengoptimalkan manfaat gadget selama perjalanan juga sangat berisiko pada keawetannya. Jika terlalu sering dan banyak digunakan akan membuat daya baterai cepat habis dan mati sebelum sampai tujuan. Jika hal ini terjadi tentu akan sangat mengganggu dan merusak mood baik perjalanan.

Apalagi jika tidak menemukan atau memiliki sumber listrik cadangan seperti powerbank. Agar kamu tak mengalami hal menyebalkan ini ada baiknya untuk menyimak sejumlah tips di bawah ini. Kamu bisa menerapkanya agar gadget tetap awet selama perjalanan. Apa sajakah itu?

Jangan Cabut Kabel Charge Sebelum Baterai Terisi 100 persen

Kamu perlu memperhatikan cara mengisian daya baterai yang benar sebelum memulai perjalanan. Saat di-charge biarkan energi terisi hingga 100 persen. Normalnya pengisian penuh membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Namun praktiknya banyak pengguna gadget mencabut kabel charge sebelum terisi penuh.

Ini bukan hanya mempersingkat daya baterai saat perjalanan, tapi juga membuatnya cepat rusak. Begitu juga sebaliknya, ketika terisi penuh segera cabut kabel charge. Jangan ditinggal tidur dan dibiarkan berjam-jam. Selain merusak baterai dan mengurangi daya pakai, kebiasaan buruk ini bisa mengakibatkan gadget meledak.

Isi Baterai Gadget dalam Keadaan Mati

Selama pengisian baterai sebaiknya tidak dibarengi dengan kegiatan lain. Diamkan saja smartphone atau gadget hingga terisi penuh. Lebih baik bila gadget dalam keadaan mati ketika di-charge. Ini akan mempercepat proses pengisian. Selain itu cara ini merupakan salah satu langkah jitu merawat gadget dan baterai agar tahan lama.

Gunakan Kabel dan Baterai Gadget yang Original

Kenapa harus asli? Alasan paling utama adalah keamanan. Banyak kasus gadget meledak karena menggunakan kabel charge dan baterai palsu. Selain itu, barang yang asli memiliki kualitas lebih baik. Mulai dari kecepatan waktu pengisian, keawetan pemakaian dan kapasitas dayanya. Harganya memang cenderung lebih mahal, tapi kabel dan baterai yang asli memiliki benefit yang lebih banyak untuk kamu pakai.

Hentikan Pemakaian Saat Gadget Terlalu Panas

Kamu mungkin sudah mendengar saran untuk tidak menyimpan gadget di tempat panas. Gadget yang panas akan membuat baterai boros dan tidak awet. Hal serupa juga berlaku sangat mengoperasikannya. Ketika suhu smartphone atau tablet meningkat segera hentikan pemakaian.

Coba matikan gadget dan diamkan sebentar hingga suhu kembali normal. Jika sudah kamu bisa menggunakannya kembali. Jangan memaksakan pemakaian bila tidak ingin baterai cepat habis dan gadget mendadak mati.

Cari Sumber Listrik dengan Tegangan yang Stabil

Untuk perjalanan dengan mobil biasanya orang akan men-charge gadget di mobil. Hal ini memang bisa dilakukan dan jadi solusi terbaik ketika tidak ada powerbank. Namun sebaiknya cara ini tidak terlalu sering diterapkan.

Ini karena energi mobil tidak stabil dan berbeda dengan sumber listrik di gedung atau rumah. Tegangan listrik mobil harus dibagi dengan AC dan peralatan lainnya. Solusi lainnya kamu bisa mencari tempat istirahat sebentar dan menemukan sumber listrik.