Agar Peralatan Mendaki Gunungmu Nggak Berkarat

Dilihat 574 kali

Mendaki gunung menjadi salah atau hobi yang banyak dipilih oleh warga Indonesia. Terlebih di Indonesia sendiri banyak gunung-gunung yang dapat dijadikan sebagai tempat pendakian. Mendaki gunung adalah kegiatan yang dilakukan dengan penuh persiapan. Kamu tidak bisa secara mendadak mengajak teman-teman untuk mendaki gunung. Perlu ada pesiapan yang dilakukan karena kegiatan seperti ini terbilang sebagai kegiatan yang ekstrim karena berhubungan langsung dengan kondisi alam yang sulit untuk ditebak. Salah satu persiapan yang harus benar-benar siap adalah peralatan mendaki gunung. Mulai dari tenda dome, sepatu gunung, alat komunikasi, logistik, alat memasak, sleeping bag, jaket gunung, matras, senter, tongkat gunung, sarung tangan, jas hujan, jam tangan, kompas, tas carrier, dan masih banyak lagi. Dari semua peralatan yang kamu bawa pasti ada yang terbuat dari logam dan memungkinkan mudah untuk berkarat. Jangan sampai peralatan mendaki gunungmu menjadi berkarat. Sebab sudah menjadi rahasia umum jika harga peralatan mendaki gunung itu tidak dapat dibeli dengan harga murah. Terlebih jika berkarat, maka tidak dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah cara agar peralatan mendaki gunungmu tidak menjadi berkarat.

Jika Peralatan dalam Kondisi Basah

Jika sepulang dari mendaki gunung ada beberapa atau seluruh peralatan dalam kondisi basah karena kehujanan, maka dapat memicu timbulnya karat. Cara paling tepat adalah dengan membongkar seluruh peralatan mendaki gunung yang ada di dalam tas carrier. Segera angin-anginkan peralatan yang terbuat dari logam agar tidak berkarat. Peralatan elektronik adalah peralatan pertama yang harus diselamatkan. Kamu harus segera mengeringkan peralatan elektronik tersebut dengan menggunakan handuk kering. Pastikan seluruh bagian tidak ada air ataupun masih terasa basah. Kemudian letakkan di tempat yang kering. Untuk tenda dome, pada bagian kaki atau sudut tenda biasanya terbuat dari logam. Kamu tentu harus mencuci tenda dome tersebut dengan posisi berdiri dan keringkan di atas panas matahari dengan posisi yang sama. Pastikan tenda dome benar-benar kering terutama pada bagian kaki tenda. Sehingga ketika kamu menyimpannya, tidak memicu timbulnya karat.

Jika Kondisi Lingkungan Lembab

Ketika kamu mendaki gunung dan kondisi lingkungan saat itu lembab, pastilah ada peralatan yang ikut menjadi lembab. Simpan dahulu peralatan yang terbuat dari logam di dalam tas carrier atau biarkan di dalam wadah dan jangan dikeluarkan. Namun jika memang mengharuskan untuk mengeluarkan peralatan dari logam tersebut, maka pastikan setelah menggunakannya harus disimpan dalam kondisi kering. Jika kamu hendak memasak air di panci, maka setelah mencuci panci tersebut, keringkan. Baru kamu dapat menyimpannya di wadah panci kembali.

Sebelum Berkemas, Pastikan Peralatan dalam Kondisi Kering

Jika kamu beruntung, dalam arti ketika hendak pulang matahari bersinar begitu terik, ada baiknya tidak terburu-buru ketika mengemas peralatan tersebut. Usahakan untuk menjemur seluruh peralatan mendaki gunung yang kamu bawa. Barulah ketika kondisinya mengering, kamu dapat memasukkan ke tas carrier maupun membawanya di wadah lain. Dengan mengemas peralatan mendaki gunung dalam kondisi kering, maka sudah pasti akan mencegah peralatan tersebut dari karat.

Jadilah pendaki gunung yang penuh persiapan. Selain itu, juga dapat menjaga seluruh peralatan mendaki gunung yang dibawa. Peralatan mendaki gunung merupakan peralatan yang sangat penting dan harus sedapat mungkin selalu dalam kondisi baik. Ketika kamu dapat menjaganya, maka dapat mencegahnya dari karat.

Mendaki Gunungmu