Begini Caranya Agar Performa Ban Motor Trail Lo Tetap Maksimal!

Dilihat 747 kali

Dalam bermain motor garuk tanah alias trail, ban adalah salah satu bagian yang sangat penting. Ban motor trail sendiri dijual dengan harga yang tergolong mahal. Ban yang paling murah saja dijual dengan harga Rp 1 juta per set.

Merawat ban motor trail sendiri bisa dibilang merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para pengggemar off road. Kenapa? Karena ban yang terawat bisa mencengkram di tanah dengan kuat dan membuat aktivitas menunggangi motor trail saat menaklukan medan off road menjadi lebih nyaman. Sebaliknya, menggunakan ban yang tidak dirawat dengan baik bisa membuat bro cepat lelah dan membahayakan diri lo sendiri.

Oleh sebab itulah, agar performa ban motor trail lo tetap maksimal, yuk simak tips-tips berikut

Bersihkan ban

Setelah puas menaklukan medan off road, segeralah bersihkan ban dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi. Semprotkan air ke seluruh bagian ban supaya semua kotoran yang menempel rontok.  

Cek tekanan ban

Jika motor tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama, maka periksalah tekanan angin ban setiap dua minggu sekali. Namun jika motor digunakan secara rutin, maka cek tekanan angin setiap kali akan digunakan.

Hindari panas matahari

Usahakan untuk menyimpan motor di tempat yang tidak terkena terik matahari secara langsung. Dengan begitu, ban pun juga bisa terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Ini sangat penting mengingat bahan dasar ban adalah karet. Jadi jika ban terkena panas, maka ban tidak akan awet dan cepat usang.

Ganti ban jika diperlukan

Jika ban sudah pecah, gundul atau retak, maka ada baiknya bro mengganti ban tersebut dengan ban yang baru. Selain itu, meski ban yang lo gunakan masih mulus, namun jika tidak digunakan dalam waktu yang lama, maka ban tersebut juga perlu diganti.

Umumnya usia ban adalah dua tahun. Jika ban motor trail berusia lebih dari itu, maka biasanya karet ban akan berubah menjadi keras. Selain itu, traksi ban ke tanah juga jauh berkurang.