Kenali Jenis-jenis Sepeda MTB Sebelum Lo Bersepeda, Bro

Dilihat 28 kali

Memilih sepeda buat mountain biking memang harus cermat, bro. Apalagi belakangan ini, ada banyak bikers yang menguji trik-trik dalam mountain biking atau MTB di perkotaan. Kalau lo belum tahu, MTB bisa dipraktekan di tempat-tempat selain alam bebas. Namun tetap harus dilakukan dengan hati-hati dan lo juga harus menyesuaikan diri terhadap tempatnya.

Sementara untuk sepeda, berikut ini ada beberapa jenis sepeda MTB yang bisa lo pilih sesuai selera dan kebutuhan.

Sepeda Hardtail

Sepeda hardtail atau HT sanggup memenuhi keinginan lo dalam melakukan semua gaya bersepeda—mulai dari entry-level sampai high-end. HT juga bisa diandalkan dalam area smooth-course dan dapat dikendarai di trotoar jalanan, aspal, dan tempat-tempat sejenis. Ada banyak model dan merek HT di pasaran, jadi lo bakal lebih mudah buat memilihnya.

Sepeda Cross-country Race

Sesuai namanya, sepeda cross country race atau XC Race bakal cocok sama lo yang suka bertualang di medan cross-country. Bobotnya yang ringan didesain untuk mempermudah pesepeda saat membawanya di tanjakan maupun turunan. Buat lo yang senang mengadu kecepatan, berarti sepeda XC Race adalah jodoh yang tepat!

Sepeda Cross-country Trail

Sepeda cross-country trail atau XC Trail paling sesuai kalau lo bawa di rute singletrack yang didominasi bebatuan. Dari segi geometri, XC Trail tidak jauh berbeda dengan XC Race. Lo juga bisa mengandalkan XC Trail untuk melintasi area berbatu, turunan panjang, hingga jalanan di kota sekali pun. Bedanya, XC Trail lebih tangguh dibandingkan XC Race karena bobotnya yang lebih ringan.

Sepeda All-Mountain

Disebut juga sebagai AM, jenis sepeda ini dinilai lebih slack dibandingkan XC Trail dari segi geometrinya. Dengan posisi riding yang lebih mengarah ke belakang menjadikan stabilitas AM sangat terjaga saat lo memacu sepeda di kawasan menurun atau area dengan permukaan kasar. Performanya yang maksimal membuat AM digemari para freeriders dan downhillers.

Sepeda Freeride

Buat lo yang pengin pamer teknik-teknik di udara, berarti sepeda freeride atau FR adalah jenis sepeda yang tepat. FR mempunyai kecepatan dan tenaga luar biasa yang bisa membantu lo saat melakukan lompatan dan berbagai atraksi penuh gaya. Meski bisa diandalkan dalam wilayah menurun, FR masih terasa berat saat lo bawa ke tanjakan.

Sepeda Downhill

Jenis sepeda MTB terakhir ini sudah dirancang untuk tangguh saat melintasi turunan. Head angle serta wheelbase yang rendah menjadikannya slack dan relatif stabil kala berada di turunan curam. Kecepatan sepeda ini pun sangat bisa lo andalkan kala bersepeda di area berbatu nan terjal. Lo yang mengagumi atlet seperti Greg Minaar atau Aaron Gwin wajib banget memakai sepeda downhill, bro.