Kenali Tele Kameramu!

Dilihat 670 kali

Kamu yang suka dengan pertandingan olahraga misalnya sepakbola atau balapan pasti sudah tidak asing dengan para juru kamera yang membidik objek pertandingan dengan lensa kamera yang besarnya lebih besar dari lengan sendiri. Lensa ini disebut dengan tele kamera yang fungsi utamanya adalah bisa mengisolasi objek tertentu dari lingkungannya yang jaraknya jauh dari kamera sehingga fokus gambar bisa pada objek tersebut. Secara teori, definis tele kamera adalah lensa yang memiliki konstruksi dengan panjang yang lebih pendek dibandingkan dengan panjang fokusnya. Tele kamera ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengambil gambar dengan lebih jelas dari jarak jauh, tetapi juga memiliki fungsi lainnya seperti berikut ini.

Memberikan efek DOF yang lebih baik

Permasalahan umum dalam mengambil gambar dengan jarak jauh adalah DOF atau kedalaman ruang yang sempit. Ini bisa membuat gambar yang kamu ambil jadi buram latar belakang fokus utamanya. Dengan memaksimalkan fungsi dan trik penggunaan tele kamera, kamu bisa mendapatkan gambar dengan latar belakang fokus yang bagus dan tidak terlalu buram sehingga gambar bisa menjadi lebih berdimensi.

Memotret makro

Lensa dengan panjang focal yang panjang berarti tidak bisa digunakan untuk memotret objek dari jarak dekat dong? Tidak juga, karena kini banyak diproduksi tele kamera untuk memotret makro dengan focal length yang panjang namun ditambah dengan fitur tambahan. Contoh dari beberapa lensa makro dengan focal length panjang adalah Tamron 70-300mm f/4.6 macro atau Tele fix Canon EF 100mm f/2.8 USM. Dengan menggunakan tele kamera untuk foto makro tentu gambar yang dihasilkan akan lebih terlihat detailnya.

Tele Kameramu

Hasil portrait yang lebih bagus

Tele kamera bukan hanya jadi favorit para juru kamera yang tugasnya meliput pertandingan olahraga lho. Tele kamera juga menjadi kesayangan bagi para fotografer studio yang memotret foto model untuk keperluan fashion dan advertising. Menggunakan tele kamera untuk foto portrait bisa memperbaiki wajah model yang biasanya terdistorsi jika menggunakan kamera biasa.  Tele kamera juga bisa memberikan fokus yang lebih dalam kepada objek sehingga membuat foto model memiliki warna gambar yang lebih lembut dan berdimensi.

Memberikan efek kompresi

Efek kompresi adalah efek yang seolah membuat lingkungan atau latar belakang objek foto menjadi lebih dekat dibanding jarak sebenarnya. Efek kompresi bisa memberikan efek dimensi yang lebih jelas dan membuat gambar memiliki komposisi yang lebih menarik. Efek kompresi merupakan efek yang menjadi ciri khas dari tele kamera, jadi ketika kamu mengambil foto pemain bola misalnya, jarak dari pemain tersebut dengan tribun penonton terlihat lebih dekat padahal jaraknya bermeter-meter jauhnya.

Tele Kameramu

Hasil gambar yang lebih tajam

Saat mengambil gambar dari jarak jauh menggunakan kamera biasa tanpa dibantu dengan tele kamera, hasilnya biasanya tidak tajam dan tidak fokus, bahkan blur meski sudah dibantu dengan menggunakan tripod. Tele kamera adalah aksesoris kamera yang pas untuk mengatasi kelemahan ini bahkan ketika objek yang sedang diambil dalam keadaan bergerak dan menghasilkan gambar yang tetap tajam.

Harga tele kamera memang mahal, bahkan bisa lebih mahal dibandingkan dengan harga kameranya. Tetapi bila kamu hobi fotografi dan ingin meningkatkan skill, bisa mulai menabung untuk membeli tele kamera yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Tidak perlu baru, tele kamera second pun bisa dipakai asal hati-hati saat membelinya. Pastikan tele masih dalam keadaan baik dan gambar yang dihasilkan masih bagus.